Pengembangan media pembelajaran mobile learning dengan aplikasi berbasis android untuk meningkatkan hasil belajar siswa (studi pada peserta didik kelas XI Program Keahlian Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran SMK Negeri 1 Pogalan / Baref Bhaktias Banar

Banar, Baref Bhaktias (2020) Pengembangan media pembelajaran mobile learning dengan aplikasi berbasis android untuk meningkatkan hasil belajar siswa (studi pada peserta didik kelas XI Program Keahlian Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran SMK Negeri 1 Pogalan / Baref Bhaktias Banar. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Banar, Baref Bhaktias. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning dengan Aplikasi Berbasis Android Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Skripsi. Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Imam Bukhori, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Media, Android, Mobile Learning, Otomatisasi dan tata kelola Humas Saat ini pembelajaran Mobile Learning belum banyak dimanfaatkan sebagai media belajar siswa SMK, khususnya program keahlian Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran. Penelitian ini akan dilakukan di SMK Negeri 1 Pogalan Trenggalek, hal ini didasari oleh kesiapan siswa dan sekolah untuk menerima produk pengembangan media pembelajaran yang tergolong baru untuk mendukung pelaksanaan e-learning dalam kurikulum 2013 dengan menggunakan aplikasi yang berjalan di smartphone yang memiliki Operating System Android. Mobile learning yang akan dikembangkan dalam penelitian ini adalah untuk mata pelajaran Otomatisasi tata kelola Humas dan Keprotokolan di kelas XI OTKP SMK Negeri 1 Pogalan. Tujuan penelitian ini yaitu: (1) menghasilkan media pembelajaran Mobile learning berupa aplikasi android pada mata pelajaran Otomatisasi Tata Kelola Humas dan Keprotokolan; (2) Mengetahui kelayakan media pembelajaran berupa aplikasi Android; (3) Mengetahui perbedaan hasil belajar antara yang tidak menggunakan media pembelajaran berbasis android dengan yang menggunakan media pembelajaran berbasis android. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) yang mengacu pada model Borg and Gall yang telah dimodifikasi dan disesuaiakan dengan keadaan lapangan, keterbatasan waktu, tenaga dan biaya. Media yang dikembangkan divalidasi oleh 2 orang ahli materi dan 1 orang ahli media. Subjek penelitian ini yaitu: (1) uji kelompok kecil sejumlah 6 peserta didik yang terdiri dari peserta didik kelas XI Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran 3 (2) uji kelompok besar terdiri dari peserta didik kelas XI Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran 3 berjumlah 34 peserta didik sebagai kelas eksperimen media pembelajaran. Instrumen pengumpulan data yang digunakan meliputi dokumentasi, tes, angket, dan wawancara terstruktur. Temuan hasil penelitian, kelayakan media mencapai persentase 84% setelah di validasi oleh ahli materi dan ahli modul, dan setelah uji kelompok kecil, kelayakan modul mencapai 91%. Berdasarkan perhitungan uji t pada program SPSS, dapat diketahui perbedaan yang signifikan antara rata-rata nilai sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran mobile learning, yaitu 93,82 dan 81,61 dengan signifikansi sebesar 0,000. Sehingga dapat disimpulkan media pembelajaran mobile learning berbasis Android layak digunakan dan meningkatkan hasil belajar siswa. Saran pemanfaatan bagi guru, agar menggunakan media pembelajaran berbasis Android dalam kegiatan pembelajaran di kelas. Sedangkan saran pemanfaatan bagi peserta didik, agar menggunakan media pembelajaran berbasis Android sebagai salah satu sumber belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/78819

Actions (login required)

View Item View Item