Analisis kinerja arsiparis berdasarkan tata ruang kantor dan sarana kearsipan dalam mencapai efektivitas kerja dikantor MA Nurul Ulum Malang / Hilda Rahma Fatimah

Fatimah, Hilda Rahma (2020) Analisis kinerja arsiparis berdasarkan tata ruang kantor dan sarana kearsipan dalam mencapai efektivitas kerja dikantor MA Nurul Ulum Malang / Hilda Rahma Fatimah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Fatimah, Hilda Rahma. 2019. Analisis Kinerja Arsiparis Berdasarkan Tata Ruang Kantor dan Sarana Kearsipan dalam mencapai Efektivitas Kerja di Kantor MA Nurul Ulum Malang.Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : Dr. Heny Kusdianti, S.Pd., M.M. Kata Kunci : Kinerja Arsiparis, Tata Ruang Kantor, Sarana Kearsipan Masalah organisasi unit kearsipan pada saat ini yang terdapat di suatu instansi/ departemen / non departemen dan perusahaan sering kurang mendapat perhatian. Padahal unit kearsipan yang terdapat di instansi/departemen/non departemen dan perusahaan tadi merupakan suatu wadah di mana petugas kearsipan itu bekerja sama dengan unit kerja lain untuk mencapai suatu tujuan. Keberhasilan kinerja pegawai suatu instansi dapat harus ditunjang, pengelolaan kearsipan dituntut agar mampu menjadi sumber ingatan serta sumber informasi instansi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui Tata ruang Kantor dalam mencapai efektivitas kerja arsiparis di Kantor MA Nurul Ulum Malang, (2) mengetahui apa saja sarana kearsipan yang tersedia dalam mencapai efektivitas kerja arsiparis di Kantor MA Nurul Ulum Malang, (3) untuk mengetahui kinerja arsiparis di Kantor MA Nurul Ulum. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif yang dilaksanakan di Kantor MA Nurul Ulum Malang. Sumber data diperoleh dari para informan dan arsip dokumentasi. Teknik pengumpulan data, yaitu dengan observasi, wawancara,d an dokumentasi. Uji keabsahan dengan Triangulasi Sumber dan Triangulasi Teknik, serta menggunakan bahan referensi. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) tata ruang kantor yang diterapkan di Kantor MA Nurul Ulum Malang adalah tata ruang kantor terbuka , dimana masih bisa belum membantu arsiparis dalam mencapai efektivitas kerja nya dikarenakan seringnya tata ruang kantor yang di rubah-rubah, (2) untuk sarana kearsipannya sendiri di Kantor MA Nurul Ulum masih ada beberapa yang belum lengkap dan kekurangannya dari segi kualitasnya juga. (3) untuk kinerja arsiparis nya pun Kinerja arsiparis di MA Nurul Ulum bisa dikatakan belum tercapai secara maksimal. Saran dari peneliti adalah Kantor MA Nurul Ulum diharapkan lebih memperhatikan lagi dari tata ruang kantornya jangan sering berubah-rubah, dan diusahakan almari untuk penyimpanan arsip jaraknya tidak jauh dengan tempat kerja arsiparis. Arsiparis diharapkan belajar lagi tentang bidang kearsipan terutama kearsipan modern. Seperti mengikuti kepelatihan tentang ilmu kearsipan Karena sekarang banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk menyimpan arsip berupa arsip elektronik, jadi jika suatu ketika ada arsip yang hilang atau bahkan rusak karena kondisi penyimpanan yang memang kurang, bisa muda ditemukan kembali dan di cetak lagi dari arsip yang tersimpan di aplikas tersebut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/78818

Actions (login required)

View Item View Item