Analisis efektivitas kajian dan praktik lapangan (KPL) terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa program studi S1 pendidikan administrasi perkantoran fakultas ekonomi dan bisnis Universitas Negeri Malang angkatan 2015 / Mohammad Ali Isnandar

Isnandar, Mohammad Ali (2020) Analisis efektivitas kajian dan praktik lapangan (KPL) terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa program studi S1 pendidikan administrasi perkantoran fakultas ekonomi dan bisnis Universitas Negeri Malang angkatan 2015 / Mohammad Ali Isnandar. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Isnandar, Mohammad Ali. 2019. Analisis Efektifitas Kajian dan Praktik Lapangan (KPL) Terhadap Minat Menjadi Guru Pada Mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Angkatan 2015. Skripsi. Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : H. Imam Bukhori, S.pd, M.pd. Kata kunci : Kajian dan Praktik Lapangan, Minat menjadi Guru Pendidikan erat hubungannya dengan kegiatan belajar mengajar yang melibatkan dua komponen penting yakni guru dan peserta didik. Dalam upaya menghasilkan pendidik yang baik dan profesional diperlukan upaya pembekalan dan pembentukan. Universitas Negeri Malang sebagai salah satu universitas pencetak tenaga kependidikan memberikan kesempatan bagi mahasiswanya untuk menjalankan Kajian dan Praktik Lapangan (KPL) sebagai salah satu program yang harus ditempuh. Nantinya diharapkan setelah menempuh program tersebut mahasiswa memiliki wawasan kependidikan dan kompetensi pendidikan yang akan mempengaruhi minat mereka menjadi guru. Dengan demikian peneliti ingin menganalisis efektifitas Kajian dan Praktik Lapangan terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa program S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Angkatan 2015. Fokus penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan efektifitas kajian dan praktik lapangan pada mahasiswa S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Ekonomi UM angkatan 2015. (2) Mendeskripsikan minat mahasiswa S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Ekonomi UM angkatan 2015 menjadi guru. (3) Mendeskripsikan apakah kajian dan praktik lapangan dapat meningkatkan minat menjadi guru pada mahasiswa S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Ekonomi UM angkatan 2015. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, kuisioner dan dokumentsi. Sedangkan teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan penyimpulan. Dari hasil penelitian dan maka dapat diambil kesimpulan bahwa berdasarkan paparan data, menyatakan bahwa 20% dari mahasiswa yang menjadi subyek penelitian menjelaskan bahwa mereka tidak berminat untuk menjadi guru mulai dari awal masuk perguruan tinggi, 10% menjelaskan bahwa mereka berminat untuk menjadi guru mulai dari awal masuk perguruan tinggi, dan 70% berpendapat bahwa mereka memiliki minat untuk menjadi guru setelah mereka masuk kuliah dan mengikuti berbagai praktik keguruan, salah satunya adalah KPL. Berdasarkan hasil penyebaran angket diketahui indikator “perhatian” jawaban responden sebesar 22%, indikator “pemusatan perhatian” jawaban responden sebesar 20%, indikator “ada daya penarik dari obyek” jawaban responden sebesar 21%, indikator “perasaan senang” jawaban responden sebesar 18%, dan indikator “adanya usaha atau tindakan” jawaban responden sebesar 19%. Maka dapat disimpulkan bahwa indikator “ada daya penarik dari obyek” dengan persentase terbanyak, menunjukkan bahwa ada ketertarikan dan kemampuan yang dimiliki oleh responden dalam hal belajar mengajar di dalam kelas. Berdasarkan hasil dan pembahasan dalam penelitian ini, maka diajukan beberapa saran sebagai berikut: (1) Berkaitan dengan kurangnya pemahaman mahasiswa terhadap materi yang akan diajarkan dan juga kesulitan dalam penyusunan perangkat pembelajaran, sebaiknya pihak Universitas khususnya pada Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakutas Ekonomi menata kembali kurikulum yang telah ada, sehingga materi yang akan diajarkan pada saat KPL telah dipahami oleh mahasiswa di bangku perkuliahan, selain itu pembekalan terkait dengan penyusunan perangkat pembelajaran dan ilmu keguruan perlu dimaksimalkan sebelum mahasiswa terjun ke lapangan. (2) Diharapkan dari pihak Universitas mempertimbangkan kembali mengenai waktu pelaksanaan PPL. Karena PPL dengan waktu enam minggu dirasa masih kurang bagi mahasiswa untuk menambah pengetahuan dan pengalaman serta bagi pihak sekolah untuk melakukan refleksi dan evaluasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/78817

Actions (login required)

View Item View Item