Pengembangan e-modul menggunakan kvisoft flipbook maker dengan model pembelajaran guided inquiry pada mata pelajaran otomatisasi dan tata kelola keuangan untuk meningkatkan hasil belajar / Muhammad Vicky Zulfikar

Zulfikar, Muhammad Vicky (2020) Pengembangan e-modul menggunakan kvisoft flipbook maker dengan model pembelajaran guided inquiry pada mata pelajaran otomatisasi dan tata kelola keuangan untuk meningkatkan hasil belajar / Muhammad Vicky Zulfikar. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Zulfikar, Muhammad Vicky. 2019. Pengembangan E-Module Menggunakan Kvisoft Flipbook Maker dengan Metode Pembelajaran Guided Inquiry Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Skripsi, jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pebimbing: Imam Buchori, S.Pd., M.Pd., M.M Kata kunci: E-Modul, Kvisoft Flipbook Maker, Guided Inquiry, Hasil Belajar Pengembangan E-Module ini bertujuan untuk (1) Menghasilkan E-Modul menggunakan Flipbook Maker dengan model pembelajaran Guided Inquiry (2) Mengetahui kelayakan E-Modul menggunakan Flipbook Maker dengan melakukan validasi yang dilakukan oleh ahli media, ahli materi, dan Pengguna. (3) Mengetahui keberhasilan E-Modul dengan membandingkan hasil belajar peserta didik antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dalam menggunakan E-Modul mata pelajaran Otomatisasi dan Tata Kelola Keuangan dengan model pembelajaran Guided Inquiry. Prosedur pengembangan yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini adalah prosedur penelitian dan pengembangan Borg and Gall, yaitu (1) Tahap studi pendahuluan, (2) Merencanakan penelitian, (3) Pengembangan, (4) Pengujian lapangan awal atau pendahuluan, (5) Revisi hasil uji coba lapangan terbatas, (6) Pengujian lapangan utama, (7) Revisi hasil uji lapangan lebih luas, (8) Uji kelayakan, (9) Revisi final hasil uji kelayakan. Validasi E-Module dilakukan oleh I ahli materi, I ahli media, dan 6 siswa uji coba terbatas. Jenis data yang terdapat dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif terdiri dari hasil wawancara, observasi, kritik, dan saran dari ahli validator e-modul. Data kuantitatif terdiri dari perhitungan skor pada lembar validasi ahli materi, ahli e-modul, dan uji coba terbatas (siswa). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi, wawancara, soal kognitif & psikomotorik Hasil perhitungan validasi ahli materi 84% menunjukan kriteria valid. Hasil perhitungan validasi ahli E-Module 87% menunjukkan kriteria sangat valid. Hasil uji coba terbatas dari siswa kelompok 83,61& menunjukkan kriteria cukup valid. Hasil belajar siswa pada kelas eksperimen 100% telah menunjukkan ketuntasan dalam hasil belajar menggunakan Kvisoft Flipbook Maker, sedangkan untuk kelas kontrol 31,81% telah menunjukkan ketuntasatan dalam hasil belajar menggunakan Kvisoft Flipbook Maker. Kajian produk dari penelitian dan pengembangan ini adalah (1) E-Module Otomatisasi dan Tata Kelola Keuangan menggunakan Kvisoft Flipbook Maker (2) Kelayakan E-Module Otomatisasi dan Tata Kelola Keuangan menggunakan Kvisoft Flipbook Maker (3) Hasil Belajar. Saran pemanfaatan E-Module adalah (1) siswa diharapkan agar memperhatikan dan mengikuti petunjuk penggunaan e-module, siswa dapat bertanya pada guru apabila ada hal yang belum dimengerti guru diharapkan menggunakan E-Module pegangan guru pada saat proses pembelajaran. (2) Guru diharapkan mampu menguasai kelas sehingga mampu mengarahkan siswa mempelajari E-Module menggunakan Kvisoft Flipbook Maker dengan metode Guided Inquiry untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/78816

Actions (login required)

View Item View Item