Pengembangan modul produk kreatif kewirausahaan berbasis guided inquiry pada kompetensi dasar kewirausahaan dan wirausaha untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik (Studi pada kelas XI Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK PGRI Turen Malang) / Hepi Febriantono - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul produk kreatif kewirausahaan berbasis guided inquiry pada kompetensi dasar kewirausahaan dan wirausaha untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik (Studi pada kelas XI Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK PGRI Turen Malang) / Hepi Febriantono

Febriantono, Hepi (2020) Pengembangan modul produk kreatif kewirausahaan berbasis guided inquiry pada kompetensi dasar kewirausahaan dan wirausaha untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik (Studi pada kelas XI Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK PGRI Turen Malang) / Hepi Febriantono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Febriantono Hepi. 2019. Pengembangan Modul Produk Kreatif Kewirausahaan Berbasis Guided Inquiry Pada Kompetensi Dasar Kewirausahaan dan Wirausaha untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik (Studi Pada Kelas XI Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK PGRI Turen Malang). Skripsi. Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Malang. Pembimbing Yuli Agustina S.E M.M Kata kunci Modul Produk Kreatif Kewirausahaan guided inquiry hasil belajar Modul Produk Kreatif Kewirausahaan merupakan modul yang melibatkan seluruh kemampuan peserta didik secara maksimal untuk mencari dan menyelidiki secara sistematis kritis logis daan analitis sehingga peserta didik dapat merumuskan sendiri penemuannya dengan penuh percaya diri. Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah untuk menghasilkan (1) Menghasilkan produk yang berupa modul Produk Kreatif dan Kewirausahaan berbasis Guided Inquiry untuk peserta didik SMK Kelas XI program keahlian Administrasi Perkantoran (2) Mengetahui kelayakan modul pembelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan berbasis Guided Inquiry melalui hasil validitas yang dilakukan oleh ahli materi dan ahli modul (3) Mengetahui perbedaan hasil belajar antara peserta didik kelas kontrol yang tidak menggunakan modul dengan peserta didik kelas eksperimen yang menggunakan modul mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan berbasis Guided Inquiry. Rancangan penelitian ini diadaptasi dari model pengembangan Reseach and Development (R D) Dalam penelitian dan pengembangan ini peneliti menggunakan model Borg Gall yaitu (1) Analisis kebutuhan (2) Penyusunan draft produk (3) Validasi ahli materi dan ahli modul (4) Revisi draft produk (5) Uji coba produk (6) Revisi produk (7) Uji pemakaian produk (8) Penyempurnaan produk (9) Produk akhir dan pembuatan master produk. Subjek penelitian modul yang dikembangkan divalidasi oleh satu orang dosen program studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Universitas Negeri Malang sebagai ahli Modul Pembelajaran. Dua orang guru mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan di SMK PGRI Turen sebagai ahli Materi dan 6 orang peserta didik Kelas XI Administrasi Perkantoran sebagai subjek uji coba kelompok kecil. Hasil dari penelitian dan pengembangan menunjukkan (1) Hasil validasi ahli modul ahli materi dan peserta didik pada uji coba terbatas menunjukkan kriteria sangat valid sehingga modul layak digunakan. (2) Hasil belajar menunjukkan rata-rata peserta didik kelas eksperimen lebih besar dari peserta didik kelas kontrol. (3) Nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 83 2 dan nilai rata-rata kelas kontrol adalah 77 5 artinya terdapat perbedaan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol sehingga modul efektif digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian yang didapatkan maka saran yang dapat peneliti berikan adalah (1) Bagi guru disarankan untuk menggunakan modul sebagai pendukung kegiatan pembelajaran untuk mempraktikan sesuai prosedur yang ada dalam modul (2) Bagi peserta didik sebaiknya mempelajari modul sebelum melakukan pembelajaran agar peserta didik dapat belajar secara mandiri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/78815

Actions (login required)

View Item View Item