Pengembangan media pembelajaran berbasis android untuk meningkatkan self-regulated learning dan hasil belajar peserta didik (studi pada mata pelajaran administrasi umum di SMKN 1 Pasuruan kelas X OTKP 1) / Filianti

Filianti (2020) Pengembangan media pembelajaran berbasis android untuk meningkatkan self-regulated learning dan hasil belajar peserta didik (studi pada mata pelajaran administrasi umum di SMKN 1 Pasuruan kelas X OTKP 1) / Filianti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Filianti. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android untuk Meningkatkan Self-Regulated Learning dan Hasil Belajar Peserta Didik (Studi pada Mata Pelajaran Administrasi Umum di SMKN 1 Pasuruan Kelas X OTKP 1). Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Madziatul Churiyah, S.Pd., M.M. Kata Kunci: mobile learning, self-regulated learning, hasil belajar Revolusi Industri 4.0 tidak hanya berdampak pada aspek ekonomi melainkan juga pada aspek pendidikan, terlebih pada pendidikan kejuruan. Pendidikan di era Revolusi Industri 4.0 mengalami peningkatan pengetahuan yang luar biasa cepat dengan didukung adanya penerapan media dan teknologi digital sebagai jalan raya informasi. Berdasarkan hal ini maka Indonesia mengadopsi konsep 21st Century Learning yang menghendaki dilakukannya proses pembelajaran berbasis digital. Guru mata pelajaran Administrasi Umum di SMKN 1 Pasuruan menyatakan bahwa pembelajaran belum berbasis digital. Selama ini kegiatan pembelajaran masih menggunakan metode ceramah dengan bantuan media pembelajaran slide power point. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis android pada mata pelajaran Administrasi Umum KD 3.9 Menerapkan Tata Ruang Kerja/Kantor (Office Layout) yang layak melalui validasi ahli dan uji coba. Tujuan lainnya adalah untuk mengetahui tingkat self-regulated learning dan hasil belajar peserta didik yang menggunakan produk dan yang tidak menggunakannya. Metode penelitian dan pengembangan dalam penelitian ini menggunakan Research and Development oleh Borg & Gall yang telah dimodifikasi menjadi lima langkah: 1) tahap penelitian dan pengumpulan informasi awal; 2) tahap perencanaan; 3) tahap pengembangan format produk awal; 4) tahap validasi dan uji coba produk; dan 5) tahap revisi produk atau penyempurnaan hasil akhir produk. Produk diujicobakan kepada peserta didik kelas X OTKP 1 di SMKN 1 Pasuruan selaku kelas eksperimen. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket validasi ahli media, angket validasi ahli materi, angket uji coba, angket tingkat self-regulated learning peserta didik dan tes. Data yang diperoleh berupa data kuantitatif dan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara mengumpulkannya melalui penyebaran angket dan memberikan soal tes kepada peserta didik. Teknik analisis data menggunakan rata-rata yang dikategorikan menggunakan jenjang kevalidan dan tingkatan. Produk hasil penelitian dan pengembangan ini berupa media pembelajaran berbasis android bernama OLA (Office Layout Application) yang dapat diunduh di toko aplikasi Amazon AppStore secara gratis atau melalui link bit.ly/OLAbyS1PAPDUM. Media pembelajaran OLA memiliki berbagai fitur yang dapat mendukung kegiatan pembelajaran peserta didik agar lebih menyenangkan. Di dalam aplikasi OLA terdapat materi mengenai mata pelajaran Administrasi Umum pada KD 3.9 Menerapkan Tata Ruang Kerja/Kantor (Office Layout) yang tersusun secara menarik serta video-video yang terintegrasi dengan link video YouTube. Di dalam aplikasi OLA juga terdapat bagian evaluasi yang berisi soal-soal pada ranah kognitif dan peserta didik dapat langsung mengetahui nilai yang mereka dapatkan. Kemudian peserta didik dapat melaporkan kepada guru melalui email bahwa mereka telah mempelajari materi dan mengerjakan soal evaluasi dalam aplikasi. Hasil validasi ahli dan pelaksanaan uji coba menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis android dikatakan sangat layak. Penerapan produk pada kelas eksperimen mampu meningkatkan self-regulated learning peserta didik pada kategori tinggi yakni mencapai persentase 90% dan hal ini adalah hasil yang lebih baik daripada kelas kontrol yang tidak menggunakan produk. Adapun hasil belajar kelas eksperimen meningkat dengan perolehan nilai rata-rata 95 dan hal ini lebih baik daripada yang diperoleh oleh kelas kontrol selaku yang tidak menggunakan produk. Saran pemanfaatan produk ini agar peserta didik mengunduh aplikasi sebelum memasuki kelas dan diharapkan mereka membaca buku petunjuk terlebih dahulu serta dapat menyediakan jaringan internet di smartphone masing-masing. Saran diseminasi agar peneliti membuat jurnal berkaitan dengan penelitian ini dan produk digunakan di lingkup Kompetensi Keahlian OTKP SMKN 1 Pasuruan. Saran produk lebih lanjut agar kegiatan uji coba dilakukan pada lebih banyak subjek uji, aspek penilaian tidak hanya pada ranah kognitif melainkan juga psikomotorik dan afektif. Selain itu penting untuk mengembangkan produk serupa pada KD lain di mata pelajaran Administrasi umum. Ukuran aplikasi dapat dikecilkan serta dipublikasikan pada toko aplikasi Google Play Store.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/78813

Actions (login required)

View Item View Item