Implementasi model pembelajaran PjBL dengan pendekatan STEM berbantu aplikasi "game quizizz" untuk meningkatkan daya berpikir kritis dan hasil belajar siswa (studi pada siswa kelas X otomatisasi dan tata kelola perkantoran SMK Negeri 1 Ponorogo tahun ajaran 2019/2020) / Resti Aji Prawistasari

Prawistasari, Resti Aji (2020) Implementasi model pembelajaran PjBL dengan pendekatan STEM berbantu aplikasi "game quizizz" untuk meningkatkan daya berpikir kritis dan hasil belajar siswa (studi pada siswa kelas X otomatisasi dan tata kelola perkantoran SMK Negeri 1 Ponorogo tahun ajaran 2019/2020) / Resti Aji Prawistasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Prawistasari, R. A. 2019. Impelementasi Model Pembelajaran PjBL dengan Pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematic) Berbantu “Game Quizizz” Untuk Meningkatkan Daya Berfikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa. Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing Prof. Dr. H. Heri Pratikto, M.Si. Kata Kunci: PjBL, stem, quizizz, berfikir kritis, hasil belajar Pendidikan sangat berpengaruh terhadap kualitas sumber daya manusia. Kualitas sumber daya manusia dapat dilihat dari kompetensi lulusannya yang memiliki keterampilan, kemampuan berfikir kritis, kecekatan, penguasaan teknologi dan memiliki wawasan yang luas. Untuk meningkatkan kualitas SDM di abad 21 ini peran sekolah sebagai wadah pendidikan harus menerapkan pendekatan dan model pembelajaran yang kreatif, inovatif sesuai dengan tuntuan pendidikan abad 21. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) hasil penerapan model pembelajaran PjBL dengan pendekatan STEM berbantu aplikasi “Game Quizizz” pada mata pelajaran Administrasi Umum, (2) peningkatan daya berfikir kritis peserta didik dan (3) peningkatan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian adalah peserta didik Program Keahlian Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran kelas X OTKP 4 di SMK Negeri 1 Ponorogo dengan jumlah peserta didik 33 anak. Penelitian dilaksanakan dengan 2 siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) observasi, (2) wawancara, (3) tes, (4) catatan lapangan dan (5) dokumentasi. Analisis data yang dilakukan adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil Impelementasi Model Pembelajaran PjBL dengan Pendekatan STEM Berbantu “Game Quizizz” diperoleh hasil yang signifikan. Daya berfikir kritis siswa pada siklus I memperloeh persentase sebesar 63% dan meningkat di siklus II menjadi 69% sedangkan hasil belajar siswa pada siklus I memperoleh persentase ketuntasan sebesar 68,81% dan meningkat di siklus II menjadi 80%. Hal tersebut menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran PjBL dengan Pendekatan STEM berbantu “Game Quizizz” mampu meningkatkan daya berfikir kritis dan hasil belajar siswa pada materi prosedur penanganan dokumen dan surat. Berdasarkan penelitian ini, disarankan: (1) siswa hendaknya tidak terpaku pada jawaban siswa yang lain atau yang berkemampuan tinggi namun lebih baik bekerjasama, (2) jaringan wifi diperluas hingga terjangkau di kelas-kelas atau bisa menambah kapasistas kecepatan wifi supaya pembelajaran yang memanfaatkan internet dapat terlaksana dengan baik dan cepat, (3) sebaiknya penggunaan aplikasi tidak hanya dimanfaatkan untuk mata pelajaran Administrasi Umum saja, (4) aplikasi “Quizizz” bisa langsung di download dari play store supaya lebih efektif digunakan, (5) peneliti selanjutnya jika memakai model pembelajaran dan pendekatan yang sama lebih memperhatikan literatur dan pemahaman konsep awal tentang model dan pendekatan tersebut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/78812

Actions (login required)

View Item View Item