Pengembangan modul otomatisasi dan tata kelola keuangan berbasis pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematic) dengan model project based learning untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik (studi pada peserta didik kelas XII otomatisasi dan tata kelola perkantoran di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen Malang) / Rizki Wahyu Putera Aug

Augustiansyah, Rizki Wahyu Putera (2020) Pengembangan modul otomatisasi dan tata kelola keuangan berbasis pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematic) dengan model project based learning untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik (studi pada peserta didik kelas XII otomatisasi dan tata kelola perkantoran di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen Malang) / Rizki Wahyu Putera Aug. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Augustiansyah, Rizki Wahyu Putera. 2019. Pengembangan Modul Otomatisasi & Tata Kelola Keuangan Berbasis Pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematic) Dengan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Skripsi. Jurusan Manajemen. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Malang. Pembimbing : H. Imam Bukhori, S.Pd., M.M.,M.Pd. Kata Kunci : Modul, Pendekatan STEM, Project Based Learning, Hasil belajar Modul merupakan sarana pembelajaran dalam bentuk tulisan atau cetak yang berisi materi dan metode yang disusun secara sistematis berdasarkan kompetensi dasar, indikator, dan pencapaian kompetensi untuk memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk melatih kemampuanya. Pengembangan Modul Otomatisasi & Tata Kelola Keuangan berbasis Pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering, Mathemtic) sesuai dengan kurikulum 2013 revisi 2017 yang menyatakan bahwa pendekatan ini cocok digunakan dalam pembelajaran abad 21. Melalui pengembangan bahan ajar ini diharapkan dapat mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XII Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran. Pengembangan modul otomatisasi dan tata kelola keuangan ini bertujuan untuk (1) menghasilkan modul berbasis pendekatan STEM, (2) mengetahui kelayakan modul yang telah dikembangkan melalui hasil validasi ahli modul dan ahli materi, (3) mengetahui perbedaan hasil belajar peserta didik sebelum dan setelah menggunakan modul. Model penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah metode Borg & Gall, dengan langkah-langkah yang telah disesuaikan dengan keadaan lapangan dan waktu, yaitu (1) Potensi dan Masalah, (2) Pengumpulan Data, (3) Penyusunan Produk Awal, (4) Validasi Produk, (5) Revisi Produk, (6) Uji Kelompok Kecil, (7) Penyempurnaan Produk, dan (8) Uji Kelompok Besar. Validasi dilakukan oleh 2 ahli yaitu ahli modul dan ahli materi dan 6 orang peserta didik untuk uji kelompok kecil. data kualitatif terdiri dari wawancara, kritik, dan saran dari validator serta pengguna (peserta didik). Data kuantitatif terdiri dari perhitungan skor pada lembar validasi ahli materi dan ahli modul serta angket pengguna peserta didik. Validasi ahli modul dilakukan oleh Bapak M. Nurrudin Zanky, S.Pd.,M.Pd., selaku dosen Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Universitas Negeri Malang. Validasi ahli materi dilakukan oleh Ibu Puji Lestari, S.Pd., selaku guru mata pelajaran Otomatisasi & Tata Kelola Keuangan di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen Malang. Produk yang dikembangkan berupa bahan ajar yag dilengkapi dengan petunjuk penggunaan. Hasil berupa modul yang telah di validasi oleh ahli materi menunjukkan bahwa modul tersebut sangat valid dan layak digunakan sebagai bahan ajar. Sedangkan hasil validasi ahli modul menunjukkan kriteria sangat valid dan dapat dijadikan sebagai sumber belajar serta hasil validasi ahli pengguna menunjukkan kriteria sangat valid, yang berarti modul dapat digunakan dalam pembelajaran. Hasil angket menunjukkan bahwa hasil belajar tergolong sangat kuat dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik sehingga efektif digunakan dalam pembelajaran. Oleh karena itu, guru mata pelajaran Otomatisasi & Tata Kelola Keuangan disarankan menggunakan modul ini sebagai alternatif penunjang dalam pembelajaran. Saran yang dapat diberikan untuk pemanfaatan produk ini adalah sebelum menggunakan modul pembelajaran berbasis STEM ini, guru dan peserta didik harus mempelajarai dan memahami terlebih dahulu petunjukan dalam penggunaan modul. Pengembangan modul pembelajaran berbasis STEM dengan model Project Based Learning ini dapat digunakan sebagai sumber belajar. Namun, dalam penerapannya perlu memperhatikan karakteristik peserta didik, sumber belajar yang digunakan, serta kurikulum yang dipakai sekolah yang bersangkutan. Pengembagan selanjutnya, hendaknya lebih meningkatkan kreativitas pada desain, agar modul pembelajaran yang dihasilkan lebih menarik, kretif, dan inovatif. Selain itu, modul pembelajaran ini diharapkan kedepannya dapat digunakan melalui aplikasi media pembelajaran yang interaktif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/78811

Actions (login required)

View Item View Item