Pengembangan e-module berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematic) pada materi penyelenggaraan pertemuan/rapat berbantuan epub untuk meningkatkan hasil belajar siswa (studi pada kelas XII OTP SMK Negeri 1 Magetan) / Wiwik Handayani

Handayani, Wiwik (2020) Pengembangan e-module berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematic) pada materi penyelenggaraan pertemuan/rapat berbantuan epub untuk meningkatkan hasil belajar siswa (studi pada kelas XII OTP SMK Negeri 1 Magetan) / Wiwik Handayani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Handayani, Wiwik. 2019. Pengembangan E-Module Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematic) pada Materi Penyelenggaraan Pertemuan/Rapat Berbantuan Epub untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Heny Kusdiyanti, S.Pd., M.M. Kata Kunci: e-module, stem, epub, hasil belajar Pendidikan abad 21 bercirikan pembelajaran yang berorientasi pada peningkatan keterampilan berpikir dan bertindak dalam menyelesaikan masalah. Keterampilan yang harus dipenuhi terdiri atas tiga komponen diantaranya thinking, acting, dan living in the word. Dalam mencapai tantangan tersebut perlu adanya inovasi dalam pembelajaran yakni berupa media, pendekatan maupun model pembelajaran. Pendekatan yang dirasa cocok untuk menjawab tantangan abad 21 adalah STEM (Science, Technology, Enginering, Mathematics). Penelitian dan pengembangan ini mengadaptasi pada langkah-langkah penelitian Borg and Gall. Model penelitian dan pengembangan ini terdiri dari sepuluh langkah, meliputi: (1) penelitian dan pengumpulan informasi awal, (2) perencanaan, (3) pengembangan format produk awal, (4) uji coba produk, (5) revisi produk, (6) uji coba lapangan, (7) revisi produk, (8) uji lapangan, (9) revisi produk akhir, (10) diseminasi dan implementasi. Validasi oleh ahli ditujukan untuk mengukur kelayakan E-module. Sedangkan uji coba lapangan dilakukan untuk mengetahui tanggapan pengguna. Selain itu, dilakukan pula uji lapangan untuk mengetahui keefektifan E-module dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Data yang diperoleh terdiri atas data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari hasil pengisian angket oleh validator, pengguna, dan nilai post test. Data kualitatif diperoleh dari saran yang diberikan oleh para validator serta uji coba lapangan oleh siswa. Hasil pengembangan berupa satu paket E-module yang terdiri atas E-module berformat Epub, buku petunjuk, dan video tutorial. Hasil validasi E-module memperoleh nilai 98% dari ahli E-module dan 97.39% dari ahli materi. Hasil tanggapan pengguna memperoleh nilai 86.13% yang menunjukkan bahwa E-module berbasis STEM pada materi penyelenggaraan pertemuan/rapat sangat valid dan layak digunakan dalam pembelajaran. Setelah pembelajaran, hasil post test menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi disbanding nilai rata-rata kelas kontrol. Hal tersebut menunjukkan bahwa E-module berbasis STEM pada materi penyelenggaraan pertemuan/rapat berbantuan Epub mampu meningkatkan hasil belajar siswa jika dibandingkan dengan kelas yang tidak menggunakan E-module berbasis STEM pada materi penyelenggaraan pertemuan/rapat berbantuan Epub. Agar lebih maksimal dalam penggunaan E-module disarankan untuk menggunakan aplikasi Azzardi di PC/Laptop. Produk ini masih perlu dikembangkan, salah satunya agar fitur penskoran dapat diakses melalui Smartphone. Pengembang selanjutnya diharapkan dapat menyajikan E-module secara online.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/78810

Actions (login required)

View Item View Item