Pemanfaatan instagram sebagai media pembelajaran audiovisual dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik di SMK NMC Malang kelas Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran pada mata pelajaran korespondensi / Samuel Rinto Dewantoro

Dewantoro, Samuel Rinto (2020) Pemanfaatan instagram sebagai media pembelajaran audiovisual dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik di SMK NMC Malang kelas Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran pada mata pelajaran korespondensi / Samuel Rinto Dewantoro. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Dewantoro, S. R. 2019. Pemanfaatan Instagram sebagai Media Pembelajaran Audiovisual dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Di SMK NMC Malang Kelas X Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran pada Mata Pelajaran Korespondensi. Skripsi. Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Heny Kusdiyanti, S.Pd., M.M. Kata Kunci: Instagram, Audiovisual, Korespondensi, HasilBelajar Penelitian ini didasari adanya permasalahan keterbatasan yang terjadi pada kelas X OTKP 1 dan kelas X OTKP 2 di SMK National Media Center Malang. Pada mata pelajaran ini guru di dalam penyampaian materi menggunakan media power point saja dengan sesekali mengganti model pembelajarannya. Selain itu LCD yang digunakan untuk menampilkan power point memiliki ukuran yang kecil, sehingg amateri yang ditampilkan pada layar terlihat kurang jelas dan nyaman, maka dari itu peneliti ingin memberikan inovasi pada pemanfaatan media pembelajaran dengan memanfaatkan media social berupa Instagram sebagai sarana penunjang khususnya pada mata pelajaran korespondensi agar peserta didik dapat memahami secara penuh materi-materi yang telah disampaikan secara menyenangkan dan menarik karena banyak keanekaragaman fitur-fitur unik dari Instagram yang nantinya akan berdampak pada meningkatnya hasil belajar pesertadidik. Adanya pemanfaatan Instagram sebagai media pembelajaran audiovisual peserta didik dapat belajar kapan pun dan dimana pun sehingga peserta didik dapat belajar diluar kelas tanpa perlu membawa buku. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan penerapan pemanfaatan Instagram sebagai media pembelajaran audiovisual dengan pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan jenis kuasi eksperimen, sedangkan desain yang digunakan pada penelitian ini adalah pre-test dan post-test dengan dua kelompok subjek penelitian yang memiliki kemampuan sama. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas X OTKP 1 sebagai kelas eksperimen dengan pemanfaatan Instagram sebagai media pembelajaran konvensional dan kelas X OTKP 2 sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara peserta didik yang memanfaatkan Instagram sebagai media pembelajaran dengan peserta didik yang menggunakan pembelajaran konvensional. Hal ini dibuktikan dari hasil uji Independent Sample T-Test yang dilakukan oleh peneliti menghasilkan Sig. Levene’s Test for Equality of Variances sebesar 0,116 > 0,05 maka dapat diartikan bahwa varian data antara kelas kontrol dan kelas eksperimen sama. Berdasar kan tabel output “Independent Sample Test” pada bagian Equal Variances Assumed diketahui Sig. 2 Tailed sebesar 0.002 < 0.05, sebagai dasar pengambilan keputusan dala muji Independent Sample T-Test dapat disimpulkan bahwa ditolak dan diterima. Dengan demikian bahwa terdapat perbedaan yang signifikanantara rata-rata hasil belajar pada kelas eksperimen (X OTKP 1) dengan kelas kontrol (X OTKP 2). Jadi Pemanfaatan Instagram sebagai media pembelajaran audio visual pada kelas X OTKP 1 dapat memberikan hasil yang lebih signifikan dari pada pembelajaran Konvensional pada kelas X OTKP 2 pada mata pelajaran Korespondensi SMK National Media Center Malang. Berdasarkan pada kesimpulan, peneliti memberikan saran kepada pihak sekolah dapat memberikan pelatihan kepada guru mengenai pemanfaatan dan pemakaian Instagram untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Kepada guru matapelajaran Korespondensi. Peneliti berharap dapat memanfaatkan Instagram selain sebagaimana fungsi dasar Instagram sebagai alternatif media pembelajaran yang sudah disesuaikan dengan tujuan belajar agar dapat meningkatkan hasil belajar. Bagi Peneliti selanjutnya diharapkan pemanfaatan Instagram sebagai media pembelajaran audio visual yang dapat meningkatkan hasil belajar dan minat belajar peserta didik dapat diterapkan pada mata pelajaran lain untuk mengetahui hasil belajar dan minat belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/78808

Actions (login required)

View Item View Item