Pengaruh motivasi dan kebiasaan belajar terhadap hasil belajar siswa Program Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi Kabupaten Malang / Rezza Kurnia Hartono

Hartono, Rezza Kurnia (2019) Pengaruh motivasi dan kebiasaan belajar terhadap hasil belajar siswa Program Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi Kabupaten Malang / Rezza Kurnia Hartono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kurnia Hartono, Rezza. 2017. Pengaruh Motivasi dan Kebiasaan Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Program Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi Kabupaten Malang. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Aniek Indrawati, S.Si., M.M. Kata Kunci: motivasi belajar, kebiasaan belajar, prestasi belajar Motivasi merupakan hal yang dapat mendorong seseorang untuk melakukan kegiatan atau pekerjaan begitu pula dengan belajar. Dengan motivasi siswa bisa mengembangkan aktivitas dan inisiatif, dapat pula memelihara dan mengarahkan ketekunan dalam kegiatan belajar. Untuk mencapai hasil belajar yang sesuai dengan yang diharapkan, siswa hendaknya mempunyai sikap dan cara belajar yang sistematis. Cara belajar yang baik adalah suatu cara yang dimiliki siswa dengan jalan latihan dalam usaha belajarnya sehingga menjadi kebiasaan belajar yang melekat pada dirinya. Setiap siswa pasti memiliki kebiasaan belajar yang berbeda-beda. Kebiasaan belajar merupakan tindakan yang tidak dapat diabaikan peranannya dalam setiap diri individu agar ia dapat belajar dengan sistematis dan berkelanjutan. Dengan demikian kebiasaan belajar yang baik akan mempengaruhi pada hasil belajar yang memuaskan dan ilmu yang didapat juga dapat dikuasai dan dimengerti sehingga memperoleh hasil yang memuaskan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh antara motivasi dan kebiasaan belajar terhadap hasil belajar siswa program keahlian Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi Kabupaten Malang baik secara parsial dan simultan. Pendekata penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian eksplanasi. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X program keahlian administrasi perkantoran SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi Kabupaten Malang, berjumlah 30 orang, dengan karakteristik: siswa kelas X dan baru mengenal mengenai program keahlian yang mereka pilih. Instrumen penelitian menggunakan angket motivasi belajar dan angket kebiasaan belajar yang dikembangkan oleh peneliti. Teknik analisis data menggunakan teknik regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan (1) tidak ada pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap hasil belajar, di dapatkan nilai sig-t 0,625>0,05; (2) tidak ada pengaruh yang signifikan kebiasaan belajar terhadap hasil belajar, berdasarkan hasil 0,770 > 0,05; (3) tidak ada pengaruh yang signifikan motivasi dan kebiasaan belajar terhadap hasil belajar, didapatkan nilai 0,849 > 0,05. Disarankan (1) Penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai acuan bagi guru untuk menentukan metode yang sesuai dengan kemampuan siswa dalam kegiatan belajar mengajar dan mengetahui kebiasaan belajar siswanya. (2) Lingkungan sekolah merupakan faktor ekstrensik dari diri siswa untuk meningkatkan hasil belajar, dengan demikian diharapkan pihak sekolah memberikan motivasi belajar ekstrinsik dan kebiasaan belajar di sekolah, agar prestasi belajar siswa dapat meningkat. (3) Saran berikutnya ditujukkan kepada peneliti yang tertarik untuk melanjutkan penelitian ini, sebaiknya perlu dilakukan penelitian lebih lanjut tentang variabel lain dan diharapkan dapat melengkapi teori mengenai motivasi belajar, kebiasaan belajar dan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Nov 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/78807

Actions (login required)

View Item View Item