Pengaruh lingkungan sekolah dan fasilitas laboratorium komputer sekolah terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran aplikasi pengolah angka siswa kelas X Akuntansi SMKN 2 Kediri / Trimulyo Yudha Pamungkas

Pamungkas, Trimulyo Yudha (2019) Pengaruh lingkungan sekolah dan fasilitas laboratorium komputer sekolah terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran aplikasi pengolah angka siswa kelas X Akuntansi SMKN 2 Kediri / Trimulyo Yudha Pamungkas. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Pamungkas, Trimulyo Yudha. 2019. Pengaruh Lingkungan Sekolah dan Fasilitas Laboratorium Komputer Sekolah terhadap Prestasi Belajar pada Mata Pelajaran Aplikasi Pengolah Angka Siswa Kelas X Akuntansi SMK Negeri 2 Kediri. Skirpsi, Program Administrasi Perkantoran, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Drs. I Nyoman Suputra, M.Si Kata kunci: Lingkungan Sekolah, Fasilitas Laboratorium Komputer dan Prestasi Belajar. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendiskripsikan lingkungan sekolah, fasilitas laboratorium komputer sekolah dan prestasi belajar siswa di SMK Negeri 2 Kediri, (2) Mengetahui pengaruh positif dan signifikan secara parsial lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar di SMK Negeri 2 Kediri, (3) Mengetahui pengaruh positif dan signifikan secara parsial fasilitas laboratorium komputer terhadap prestasi belajar di SMK Negeri 2 Kediri. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian adalah 72 siswa kelas X akuntansi dan sampel penelitian ini adalah 61 siswa kelas X akuntansi 4 dan X akuntansi 5 di SMK Negeri 2 Kediri. Variabel bebas dari penelitian ini adalah Lingkungan Sekolah (X1) dan Fasilitas Laboratorium Komputer (X2). Sedangkan variabel terikatnya adalah Prestasi Belajar (Y). Teknik pengumpulan data menggunakan angket/kuisioner dan dokumentasi. Analisis data menggunakan: (1) analisis deskriptif dan (2) analisis regresi berganda. Berdasarkan angket yang sudah disebar, didapatkan hasil yang baik pada lingkungan sekolah (X1) dan cukup baik pada fasilitas laboratorium komputer sekolah (X2). Selain itu prestasi siswa (Y) juga dikatagorikan baik. Dari hasil uji t, penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) tidak ada pengaruh positif dan signifikan antara lingkungan sekolah (X1) terhadap prestasi belajar (Y), diperoleh dari nilai signifikansi X1 lebih besar dari probabilitas 0,05 atau nilai 0,261 > 0,05. Maka H1 ditolak, H0 diterima. (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara fasilitas laboratorium komputer (X2) terhadap prestasi siswa (Y), diperoleh dari nilai signifikansi X2 kurang dari probabilitas 0,05 atau nilai 0,001 < 0,05. Maka H2 diterima, H0 ditolak. Berdasarkan penelitian ini peneliti menyarankan supaya lebih meningkatkan lagi prasarana dilingkungan sekolah. Dengan tersedianya prasarana yang lebih lengkap akan sangat membantu dan memudahkan siswa dalam mengikuti pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/78806

Actions (login required)

View Item View Item