Perencanaan pendidikan karakter pada mata pelajaran administrasi umum kelas X di SMK Muhammadiyah 2 Malang / Heri Susanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Perencanaan pendidikan karakter pada mata pelajaran administrasi umum kelas X di SMK Muhammadiyah 2 Malang / Heri Susanto

Susanto, Heri (2019) Perencanaan pendidikan karakter pada mata pelajaran administrasi umum kelas X di SMK Muhammadiyah 2 Malang / Heri Susanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Susanto Heri. 2018. Perencanaan Pendidikan Karakter pada Mata Pelajaran Administrasi Umum Kelas X di SMK Muhammadiyah 2 Malang. Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing H. Imam Bukhori S. Pd. M. M . M. Pd Kata Kunci perencanaan pendidikan karakter mata pelajaran administrasi umum Kurikulum Nasional 2013 menuntut guru untuk melaksanakan pembelajaran yang berbasis tematik integratif. Guru juga dituntut untuk tidak hanya memiliki kompetensi profesional tetapi juga harus memiliki kompetensi pedagogik sosial dan kepribadian. Dalam pelaksanaan pendidikan karakter di tingkat SMK perlu adanya keseriusan oleh beberapa pihak antara lain Komite sekolah guru peserta didik civitas akademika pihak-pihak inilah yang akan membentuk kultur dan budaya yang akan membentuk karakter dari peserta didik yang nantinya akan membentuk kepribadian luhur di masyarakat. Fokus dalam penelitian ini adalah (1) Perencanaan pendidikan karakter dalam pembelajaran administrasi umum kelas X di SMK Muhammadiyah 2 Malang (2) Penerapan pendidikan karakter pada mata pelajaran administrasi umum kelas X di SMK Muhammadiyah 2 Malang (3) Faktor pendukung dan faktor penghambat dalam penerapan pendidikan karakter pada mata pelajaran administrasi umum kelas X di SMK Muhammadiyah 2 Malang. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitian ini adalah wakil kepala sekolah bagian kurikulum guru mata pelajaran administrasi umum dan peserta didik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan Milles and Huberman meliputi pengumpulan data Reduksi data Penyajian data Penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini yaitu (1) Bedasarkan hasil penelitian perencanaan pembelajaran di SMK Muhammadiyah 2 Malang sudah mempunyai format dalam pembuatan silabus dan RPP yang diterapkan oleh guru. Permasalahan dalam RPP guru masih memasukkan penilaian karakter ke dalam penilaian affektif peserta didik. Seharusnya penilaian pendidikan karakter memiliki format tersendiri untuk melihat ketercapaian pendidikan karakter dalam pembelajaran. (2) Dari hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti bahwa penerapan pendidikan karakter yang dilakukan guru administrasi umum dalam pembelajaran dikelas menghasilkan skor 85 71% yaitu dapat dikategorikan baik. (3) Faktor pendukung dalam penerapan pendidikan karakter di SMK Muhammadiyah 2 Malang (a) Peran seluruh warga sekolah untuk bertanggung jawab dalam menjalankan peraturan sekolah ketertiban (b) Tersedianya sarana dan prasaran yang mendukung untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran untuk menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter (c) Memunculkan suasana yang islami di lingkup sekolah dengan cara literasi mengaji kemudian sholat duha dan dhuhur secara berjamaah. Faktor penghambat dalam penerapan pendidikan karakter antara lain (a) Kesadaran dari diri peserta didik untuk menaati peraturan masih perlu ditingkatkan (b) Kurangnya kesadaran terhadap kebersihan sehingga guru sering kali meminta peserta didik untuk membersihkan kelas sebelum memulai kegiatan belajar mengajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/78805

Actions (login required)

View Item View Item