Pengembangan modul iconic berbasis mind mapping pada mata pelajaran teknologi perkantoran (kelas X semester genap Program Keahlian Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran) / Adhe Devina Widhya Putri

Putri, Adhe Devina Widhya (2019) Pengembangan modul iconic berbasis mind mapping pada mata pelajaran teknologi perkantoran (kelas X semester genap Program Keahlian Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran) / Adhe Devina Widhya Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Putri, Adhe Devina Widhya. 2019. Pengembangan Modul Iconic Berbasis Mind Mapping pada Mata Pelajaran Teknologi Perkantoran (Kelas X Semester Genap Program Keahlian Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran SMK PGRI 2 Malang). Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Imam Bukhori, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: modul Teknologi Perkantoran, Model Iconic Berbasis Mind Mapping Teknologi berkembang sangat pesat pada era globalisasi terutama dalam dunia komunikasi dan pendidikan. Pengembangan modul Teknologi Perkantoran memiliki peran penting dalam aktivitas pembelajaran dan merupakan salah satu faktor untuk meningkatkan minat belajar dan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran. Mata pelajaran ini memiliki permasalahan terbatasnya bahan ajar sebagai pegangan siswa dalam belajar karena merupakan mata pelajaran baru. Tujuan Penelitian dan pengembangan ini adalah : (1) Mengembangkan Modul iconic Berbasis Mind Mapping pada mata pelajaran Teknologi Perkantoran untuk peserta didik kelas X semester 2 SMK PGRI 2 Malang, (2) Mengetahui kelayakan modul pembelajaran melalui validasi ahli modul dan ahli materi, serta uji coba penggunaan pada kelas kecil. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development yang dikembangkan oleh Borg and Gall dengan 8 tahap yaitu (1) potensi masalah, (2) Pengumpulan data, (3) Desain produk, (4) Validasi desain, (5) Revisi desain, (6) Uji coba produk, (7) Revisi produk, dan (8) Produk akhir. Penelitian dilaksanakan pada kelas X OTKP 1 SMK PGRI 2 Malang pada mata pelajaran Teknologi Perkantoran. Modul divalidasi oleh dua ahli materi yang menghasilkan rata-rata 89,33%, validasi oleh dua ahli modul menghasilkan rata-rata 90,60%, serta hasil dari respon pengguna pada uji terbatas oleh siswa menghasilkan rata-rata 89,00% sehingga dapat dikatakan modul sangat valid dan dapat digunakan sebagai bahan ajar dalam proses pembelajaran. Karena masih terdapat beberapa saran dari ahli modul dan ahli materi maka dilakukan revisi atau perbaikan terhadap modul pembelajaran terutama pada bagian cover, background gambar dan warna. Saran pemanfaatan modul iconic berbasis mind mapping pada mata pelajaran Teknologi Perkantoran bagi guru adalah untuk menggunakan modul ini dalam pembelajaran agar guru lebih berperan sebagai fasilitator dalam pembelajaran. Bagi siswa yaitu diharapkan berperan aktif dan kreatif dalam pembelajaran dengan membuat mind mapping untuk lebih memahami materi pelajaran. Saran pengembangan lebih lanjut untuk peneliti selanjutnya adalah mengembangkan modul untuk beberapa Kompetensi Dasar (KD) saja agar lebih fokus dan bisa memmbuat modul yang lebih inovatif dan menarik dengan membuat ilustrasi gambar, variasi warna, pilihan huruf dan mind mapping.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/78804

Actions (login required)

View Item View Item