Implementasi model pembelajaran probing prompting learning berbantu aplikasi Socrative sebagai alternatif kegiatan evaluasi pada mata pelajaran administrasi umum KD peralatan perkantoran (studi pada siswa kelas X Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 2 Kediri) / Ridlo Maulana

Maulana, Ridlo (2019) Implementasi model pembelajaran probing prompting learning berbantu aplikasi Socrative sebagai alternatif kegiatan evaluasi pada mata pelajaran administrasi umum KD peralatan perkantoran (studi pada siswa kelas X Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 2 Kediri) / Ridlo Maulana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Maulana, Ridlo. 2019. Implementasi Model Pembelajaran Probing Prompting Learning Berbantu Aplikasi Socrative sebagai Alternatif Kegiatan Evaluasi Pada Mata Pelajaran Administrasi Umum KD Peralatan Perkantoran (Studi Pada Siswa Kelas X Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 2 Kediri). Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : Dr. H. Sutrisno, M.M. Kata Kunci : Pengembangan Media, Media Pembelajaran, Aplikasi Socrative Teacher, Aplikasi Socrative Student. Evaluasi merupakan suatu cara untuk mengetahui pemahaman peserta didik dari materi yang sudah diajarkan oleh gurunya. Peserta didik dapat dikatakan tuntas menguasai suatu pokok pembahasan apabila mereka sudah mendapatkan nilai sesuai dengan standar ketuntasan minimal yang sudah ditetapkan oleh sekolahnya. Perlu diketahui evaluasi yang baik adalah evaluasi yang dapat dikolaborasikan dengan model pembelajaran dan media yang tepat. Dengan penggabungaj ketiganya maka pembelajaran dapat berjalan sesuai dengan perkembangan jaman dan kebutuhan peserta didik. Harapan dari terlaksananya penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar yang diperoleh oleh peserta didik dan mengetahui perkembangan dari media maupun suatu metode yang sudah digunakan. Apabila hasil maupun data yang dihasilkan mengalami perubahan statis cenderung ke atas maka usaha atau perlakuan yang dilakukan dapat dikatakan berhasil dan layak untuk diteruskan. Dalam kegiatan yang dilakukan ini peneliti menggunakan Pengembangan Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif. Agar data yang diperoleh dapat diolah sedemikian rupa agar dapat dipahami oleh orang banyak. Dengan begitu kegiatan yang dilakukan bisa mendapatkan masukan maupun respon yang positif dalam membangun dan menghasilkan suatu bentuk yang diinginkan. Hasil yang didapat adalah terjadi peningkatan hasil belajar yang dilakukan oleh peserta didik kelas X OTKP 4 dari Siklus I ke Siklus II. Hasil yang diperoleh berupa nilai rata-rata setiap peserta didik yang mengalami peningkatan sebesar 8.08%. Pada siklus I rata-rata yang ditujukan oleh kelas ini berjumlah 77.58%, ketika dilakukan perbaikan pada siklus II rata-rata yang diperoleh oleh peserta didik ini menjadi 85.66%. Dalam hal ini Media yang digunakan sudah mampu memberikan perubahan yang positif kedalam pembelajaran didalam kelas. Saran yang dapat diberikan yaitu agar kedepannya aplikasi socrative dapat digunakan dan segala kekurangan yang dimilikinya dapat dibenahi oleh peneliti yang selanjutnya agar menjadi pengetahuan yang bermanfaat dalam dunia pendidikan kedepannya kelak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/78803

Actions (login required)

View Item View Item