Analisis kesesuaian kompetensi pelajaran produktif dengan pelaksanaan praktik kerja industri peserta didik Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen Kabupaten Malang / Adietya Putra Pratama

Pratama, Adietya Putra (2019) Analisis kesesuaian kompetensi pelajaran produktif dengan pelaksanaan praktik kerja industri peserta didik Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen Kabupaten Malang / Adietya Putra Pratama. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Pratama, Adietya Putra. 2019. Analisis Kesesuaian Kompetensi Pelajaran Produktif dengan Pelaksanaan Praktik Kerja Industri Peserta Didik Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen Kabupaten Malang. Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Drs. I Nyoman Suputra, M.Si. Kata Kunci: kesesuaian, kompetensi, prakerin Prakerin adalah bentuk penyelenggaraan pendidikan keahlian kejuruan yang memadukan secara sistematis dan sinkron program pendidikan di SMK dengan program keahlian yang diperoleh melalui bekerja secara langsung pada pekerjaan sesungguhnya yang relevan dan terarah untuk mencapai kemampuan sesuai dengan bidang kejuruannya. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan beberapa hal terkait pelaksanaan praktik kerja industri yaitu karakteristik pelaksanaan praktik kerja industri, evaluasi pelaksanaan praktik kerja industri, dan relevansi kompetensi peserta didik dengan kebutuhan DUDI. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data diperoleh dengan melakukan teknik wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Subyek penelitian ini adalah ketua program prakerin, ketua kompetensi keahlian otomatisasi tata kelola perkantoran, peserta didik kelas XI SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen, dan pihak DUDI. Hasil penelitian adalah (1) proses pelaksanaan praktik kerja industri diawali dengan perencanaan oleh sekolah, uji kemampuan produktif peserta didik, pembekalan, penempatan, pengecekan, dan penjemputan, (2) evaluasi kegiatan praktik kerja industri di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen dilakukan dengan meminta pendapat dari seluruh pihak yang turut serta dalam kegiatan praktik kerja industri, namun tidak mengikutsertakan DUDI dalam kegiatan evaluasi, (3) kompetensi otomatisasi dan tata kelola perkantoran di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen sudah relevan dengan tuntutan DUDI tetapi masih terdapat DUDI belum dapat memberikan pekerjaan yang relevan dengan kompetensi yang dimiliki oleh peserta didik otomatisasi dan tata kelola perkantoran. Berdasarkan hasil dari penelitian ini peneliti memberikan saran SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen perlu meningkatkan koordinasi dalam melakukan kerja sama dengan DUDI terkait bidang kerja yang dibutuhkan oleh DUDI. Sehingga ketika kegiatan prakerin sudah dilaksanakan peserta didik di DUDI bisa mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan kompetensi keahlian yang dimilikinya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/78802

Actions (login required)

View Item View Item