Pengembangan modul produk kreatif dan kewirausahaan berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk meningkatkan hasil belajar siswa (studi pada siswa kelas XI OTKP SMK PGRI Turen Kabupaten Malang) / Nur Rahmahdaniar - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul produk kreatif dan kewirausahaan berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk meningkatkan hasil belajar siswa (studi pada siswa kelas XI OTKP SMK PGRI Turen Kabupaten Malang) / Nur Rahmahdaniar

Rahmahdaniar, Nur (2019) Pengembangan modul produk kreatif dan kewirausahaan berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk meningkatkan hasil belajar siswa (studi pada siswa kelas XI OTKP SMK PGRI Turen Kabupaten Malang) / Nur Rahmahdaniar. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Rahmahdaniar N. 2019. Pengembangan Modul Produk Kreatif dan Kewirausahaan Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa (Studi pada Siswa Kelas XI Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran SMK PGRI Turen Kabupaten Malang). Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Pembimbing Drs. I Nyoman Suputra M. Si Kata kunci Modul Contextual Teaching and Learning Hasil Belajar Peneliti melakukan wawancara pada tanggal 22 Oktober 2018 dengan Bu Dra. Neny Chuindha S. selaku guru mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan kelas XI Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran diperoleh informasi bahwa pengembangan modul Produk Kreatif dan Kewirausahaan Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) sesuai dengan kurikulum 2013 edisi revisi 2017 diperlukan untuk meningkatkan hasil belajar karena terbatasnya bahan ajar yang tersedia. Pengembangan modul ini bertujuan untuk (1) Mengembangkan modul berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan kelas XI Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran di SMK PGRI Turen (2) Mengetahui tingkat kelayakan modul berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) melalui validasi ahli pada mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan kelas XI Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran di SMK PGRI Turen (3) Mengetahui perbedaan hasil belajar siswa ketika tidak menggunakan modul dan setelah menggunakan modul berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan kelas XI Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran di SMK PGRI Turen. Pengembangan modul Produk Kreatif dan Kewirausahaan berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) ini dilakukan dengan menggunakan model pengembangan Research and Development yang dikemukakan oleh Borg Gall yang telah dimodifikasi oleh peneliti terdiri atas sembilan langkah sebagai berikut (1) Potensi dan masalah (2) Pengumpulan data (3) Desain produk (4) Validasi desain (5) Revisi desain (6) Uji coba produk (7) Revisi produk (8) Uji coba pemakaian (9) Produk Akhir. Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan peneliti menghasilkan dan menemukan (1) Produk dalam bentuk modul Produk Kreatif dan Kewirausahaan berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk siswa SMK kelas XI program keahlian Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran (2) Hasil penilaian tingkat kelayakan modul yang dilakukan oleh ahli materi ahli modul dan kelompok kecil diperoleh hasil sangat valid. Berdasarkan hasil rata-rata nilai persentase seluruh validasi dapat disimpulkan bahwa modul yang sudah dikembangkan layak digunakan dalam proses pembelajaran (3) Nilai rata-rata post test sesudah menggunakan modul lebih tinggi bila dibandingkan dengan nilai rata-rata post test ketika tidak menggunakan modul. Dengan demikian penggunaan modul Produk Kreatif dan Kewirausahaan berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian peneliti mempunyai beberapa saran sebagai berikut (1) bagi guru agar menggunakan modul modul Produk Kreatif dan Kewirausahaan Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam proses pembelajaran untuk melatih pemahaman siswa terhadap materi dengan cara belajar secara mandiri guru disarankan menjadi fasilitator untuk membantu siswa jika mengalami kesulitan dalam memahami isi materi modul (2) bagi siswa agar melatih pemahaman terhadap materi dengan cara belajar secara mandiri dirumah atau dengan bantuan guru disekolah (3) bagi peneliti selanjutnya agar dapat mengembangkan modul pembelajaran yang lebih menarik sehingga semakin banyak alternatif belajar yang dapat digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 02 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/78801

Actions (login required)

View Item View Item