Sari, Erika Mulia (2019) Pengaruh pemanfatan internet sebagai sumber belajar dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar peserta didik mata pelajaran otomatisasi perkantoran di SMK Negeri 1 Pasuruan / Erika Mulia Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Sari Erika Mulia. 2019. Pengaruh Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar dan Fasilitas Belajar terhadap Hasil Belajar. Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. Sarbini M.Pd Kata Kunci Pengaruh Pemanfaatan Internet Fasilitas Belajar Hasil Belajar. Hasil belajar merupakan tolak ukur keberhasilan peserta didik dalam proses belajar. Berdasarkan observasi SMK Negeri 1 Pasuruan masih terdapat hasil belajar peserta didik yang kurang maksimal. Hal tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor yang termasuk pemanfaatan internet sebagai sumber belajar dan fasilitas belajar. Pentingnya mengembangkan wawasan pengetahuan sangat diperlukan peserta didik. Peserta didik dapat menambah wawasan pengetahuan melalui internet. Fasilitas belajar yang memadai dapat mempermudah peserta didik dalam proses belajar. Pemanfaatan internet sebagai sumber belajar adalah untuk mempermudah proses belajar peserta didik dalam menambah informasi dan pengetahuan secara luas. Fasilitas belajar adalah sarana dan prasarana yang digunakan untuk menunjang proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan internet sebagai sumber belajar dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran otomatisasi perkantoran kelas X di SMK Negeri 1 Pasuruan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dilakukan di SMK Negeri 1 Pasuruan. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X bidang keahlian Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 72 siswa dengan teknik proportional random sampling digunakan sampel sebanyak 62 siswa. Variabel dalam ini adalah Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar (X1) Fasilitas Belajar (X2) dan Hasil Belajar (Y). Teknik pengumpulan data untuk variabel pemanfaatan internet dan fasilitas belajar menggunakan metode kuisioner dengan skala likert sedangkan untuk variabel hasil belajar menggunakan metode dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Kondisi pemanfaatan internet tergolong baik dengan rata-rata 4 1. Fasilitas belajar tergolong baik dengan rata-rata 4 0 dan hasil belajar tergolong cukup baik dengan persentase 67 9%. (2) Terdapat pengaruh positif yang signifikan antara pemanfaatan internet terhadap hasil belajar peserta didik. (3) Terdapat pengaruh positif yang signifikan antara fasilitas belajar dan hasil belajar peserta didik. Sehingga dapat disarankan (1) Bagi pihak sekolah sebaiknya mengarahkan peserta didik dalam pemanfaatan internet dan manambah fasilitas yang kurang di laboratorium. (2) Bagi guru diharapkan dapat lebih memperhatikan peserta didik dalam memanfaatkan internet dan fasilitas belajar ketika kegiatan pembelajaran. (3) Bagi peserta didik diharapkan lebih bersungguh-sungguh dalam belajar agar hasil belajar dapat meningkat. (4) Bagi peneliti selanjutnya yang tertarik dalam penenlitian ini menggunakan kompetensi keahlian yang berbeda serta dapat menambahkan variabel lain kerena masih banyak faktor lain yang berperan dalam pencapaian hasil belajar peserta didik. Peneliti menyarankan (1) Bagi sekolah SMK Negeri 1 Pasuruan Hasil penelitian ini dapat dijadikan acuan bagi kepala sekolah SMK Negeri 1 Pasuruan terutama pada bidang keahlian OTKP untuk lebih memberikan arahan untuk peserta didik memanfaatkan internet dan menambah fasilitas belajar yang kurang di laboratorium. (2) Bagi Guru SMK Negeri 1 Pasuruan Guru hendaknya lebih memberikan pendekatan kepada peserta didik sehingga mengetahui dan memberikan arahan mengenai masalah belajar peserta didik yang dapat mempengaruhi hasil belajar. Dalam proses belajar guru hendaknya memanfaatkan fasilitas belajar di sekolah secara optimal dan memberi kesempatan peserta didik untuk lebih aktif di dalam kelas. (3)Bagi Peserta didik SMK Negeri 1 Pasuruan Peserta didik hendaknya menerapkan dan meanfaatkan internet dan fasilitas dengan baik sehingga proses belajar dapat berjalan dengan lancar dan peserta didik dapat informasi dan pengetahuan tambahan. Sehingga hasil belajar peserta didik akan meningkat. (4) Bagi Peneliti Selanjutnya bagi peneliti selanjutnya yang melakukan penelitian di SMK Negeri 1 Pasuruan hendaknya meneliti variabel lain sehingga akan diketahui faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi hasil belajar peserta didik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 01 Aug 2019 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2019 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/78800 |
Actions (login required)
View Item |