Pengaruh kualitas masukan yang dimiliki siswa terhadap hasil belajar bahasa Arab siswa kelas XI Jurusan IPS di MAN 3 Kediri / Azhar Arifin

Arifin, Azhar (2018) Pengaruh kualitas masukan yang dimiliki siswa terhadap hasil belajar bahasa Arab siswa kelas XI Jurusan IPS di MAN 3 Kediri / Azhar Arifin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Arifin, Azhar. 2017. Pengaruh Kualitas Masukan yang Dimiliki Siswa terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab Siswa XI IPS di MAN 3 Kediri. Skripsi, Jurusan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Sulton, M.Pd., (II) Dr. Agus Wedi, M.Pd. Kata Kunci : Kuantitatif, Kualitas Masukan, Ujian Nasional, Pengetahuan Awal, Bahasa Arab MAN. Hasil belajar yang diraih siswa setelah melakukan belajar berbeda-beda. Hal tersebut bisa terjadi karena banyak faktor baik faktor internal maupun eksternal. Diantara faktor tersebut adalah kualitas masukan yaitu kondisi karakteristik siswa sebelum menjalani pembelajaran. Kualitas masukan bisa diketahui melalui pencapaian siswa pada jenjang pendidikan sebelumnya dan pengetahuan awal serta kemampuan awal yang dimiliki siswa tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari kualitas masukan yang meliputi hasil ujian nasional siswa pada jenjang sebelumnya dan pengetahuan awal terhadap hasil belajar yang dicapai siswa. Penelitian ini dilakukan dengan teknik pengambilan data dengan angket dan dokumentasi. Objek penelitian adalah siswa kelas XI IPS 1, XI IPS 2 dan XI IPS 3 MAN 3 Kediri. Dari data yang telah dianalisis didapatkan rerata dari nilai ujian nasional adalah 29,99. Nilai terndah adalah 26,00 dan nilai tertinggi adalah 36,80. Sedangkan untuk skor persepsi pengetahuan awal dan kemampuan awal memiliki rerata 54,78 dengan nilai terendah 35 dan nilai tertinggi adalah 86. Sedangkan untuk hasil belajar yang diraih siswa pada saat kelas X memiliki rerata83,97 dengan capaian nilai tertinggi 94 dan nilai terendah 73. Hasil belajar ketika kelas XI memiliki rerata 81,80 dengan nilai terendah 78 dan nilai tertinggi 92. Setelah melakukan pengujian dengan product-moment pearson amak didapatkan hasil signifikansi 0,011 untuk ujian nasional dan 0,001 untuk untuk persepsi kemampuan awal. Sedangkan setelah dilakukan perbandingan antara siswa yang memiliki pengetahuan awal dan yang tidak memiliki pengetahuan awal melalui t-tes 2 sampel didapatkan taraf signifikansi 0,021 untuk hasil belajar kelass X dan 0,008 untuk hasil belajar kelas XI. Dari kesemua taraf signifikansi yang didapatkan kesemuanya memiliki nilai yang lebih kecil dari 0,05 sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa siswa yang telah memiliki pengetahuan awal akan meraih nilai yang lebih baik daripada siswa yang tidak memiliki pengetahuan awal. Dengan demikian perlu dilakukannya perlakuan tambahan terhadap siswa yang belum memiliki pengetahuan awal agar memiliki pengetahuan yang sama dengan siswa yang sudah memiliki pengetahuan awal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Oct 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/788

Actions (login required)

View Item View Item