Penerapan model pembelajaran role playing pada kompetensi dasar menerapkan komunikasi di tempat kerja untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik (studi pada peserta didik kelas X di SMK Muhammadiyah 2 Malang) / Friska Aprillia Puspitasari

Puspitasari, Friska Aprillia (2019) Penerapan model pembelajaran role playing pada kompetensi dasar menerapkan komunikasi di tempat kerja untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik (studi pada peserta didik kelas X di SMK Muhammadiyah 2 Malang) / Friska Aprillia Puspitasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Puspitasari, Friska Aprillia. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Role Playing Pada Kompetensi Dasar Menerapkan Komunikasi di Tempat Kerja Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik (Studi Pada Peserta Didik Kelas X di SMK Muhammadiyah 2 Malang). Skripsi. Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Yuli Agustina, S.Pd., S.E., M.M. Kata Kunci: Model pembelajaran role playing, hasil belajar peserta didik Hasil belajar merupakan kemampuan yang dimiliki peserta didik yang diperoleh dari pengalaman belajarnya selama kegiatan pembelajaran berlangsung, yang mencakup aspek kognitif, aspek afektif, dan aspek psikomotor. Tujuan penelitian ini, yaitu: 1) untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran role playing pada kompetensi dasar menerapkan komunikasi di tempat kerja pada peserta didik kelas X OTP di SMK Muhammdiyah 2 Malang, 2) untuk mengetahui apakah model pembelajaran role playing dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada kompetensi dasar menerapkan komunikasi di tempat kerja kelas X OTP di SMK Muhammadiyah 2 Malang, dan 3) untuk mengetahui perbedaan hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen, yaitu kelas yang diterapkan model pembelajaran role playing dan kelas kontrol, yaitu kelas yang tidak diterapkan model pembelajaran role playing. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Subjek dari penelitian ini adalah peserta didik kelas X OTP yang berjumlah 11 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan kelas X BDP yang berjumlah 24 peserta didik sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data dengan menggunakan posttest yang terdiri dari 25 soal pilihan ganda, dokumentasi, dan observasi kegiatan pembelajaran. Data dianalisis dengan membandingkan hasil setiap siklus dan membandingkan hasil antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran role playing dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X OTP pada kompetensi dasar menerapkan komunikasi di tempat kerja. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran role playing dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X OTP di SMK Muhammadiyah 2 Malang pada kompetensi dasar menerapkan komunikasi di tempat kerja serta hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Untuk penelitian selanjutnya dalam menerapkan model pembelajaran role playing pada kompetensi dasar yang sama atau yang lain harus disesuaikan dengan materi yang diajarkan, karakteristik peserta didik, dan dilakukan pada kelas atau jurusan yang sama, serta harus memperhatikan penggunaan waktu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/78798

Actions (login required)

View Item View Item