Pengembangan modul administrasi umum berbasis saintifik untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik (studi pada peserta didik kelas X otomatisasi dan tata kelola perkantoran di SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi Kabupaten Malang) / Fuji Mardiana

Mardiana, Fuji (2019) Pengembangan modul administrasi umum berbasis saintifik untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik (studi pada peserta didik kelas X otomatisasi dan tata kelola perkantoran di SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi Kabupaten Malang) / Fuji Mardiana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Mardiana, Fuji. 2019. Pengembangan Modul Administrasi Umum Berbasis Saintifik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik (Studi Pada Peserta didik Kelas X Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran di SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi Kabupaten Malang). Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Drs. Sarbini M.Pd. Kata Kunci: modul pembelajaran, saintifik, hasil belajar peserta didik Penelitian dan pengembangan di SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi Kabupaten Malang bertujuan untuk menghasilkan modul Administrasi Umum yang layak dan mengetahui perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan modul Administrasi Umum berbasis saintifik dengan hasil belajar peserta didik kelas yang tidak menggunakan modul. Penelitian dan pengembangan ini dilakukan dengan menggunakan model 4D yang dikembangkan oleh Thiagarajan melalui 4 tahap yaitu pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Penelitian ini dilakukan di SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi Kabupaten Malang pada mata pelajaran Administrasi Umum pada Kompetensi Dasar Menerapkan Tata Ruang Kerja atau Kantor untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini memberikan soal test untuk mengetahui kemampuan peserta didik. Sebelum soal test diberikan kepada peserta didik soal tersebut harus diujicobakan terlebih dahulu kepada kelas yang lain. Modul dilakukan validasi oleh dua ahli modul dan dua ahli materi yang menghasilkan rata-rata 87,45% dan 92,45% sehingga modul dikatakan sangat valid. Namun karena masih terdapat saran dari dua ahli modul dan ahli materi maka harus dilakukan perbaikan terlebih dahulu. Selanjutnya berdasarkan uji keterbatasan yang dilakukan oleh peserta didik menunjukkan hasil rata-rata persentase sebesar 90,33% sehingga modul dikatakan sangat valid dan dapat digunakan sebagai bahan ajar dalam proses pembelajaran. Berdasarkan dari hasil perhitungan SPSS dapat diketahui bahwa bagian output pertama Independent Sample T-Test menunjukkan rata-rata nilai kelas kontrol 72,59 dan kelas eksperimen 84,38 menunjukkan terdapat perbedaan hasil belajar diantara dua kelas tersebut. Selain itu dapat diketahui dengan melihat juga standar deviasi kelas kontrol adalah 9,98 sedangkan standar deviasi kelas eksperimen adalah 7,18. Standar deviasi kelas kontrol lebih besar dari pada kelas eksperimen menunjukkan bahwa kelas kontrol memiliki nilai yang heterogen dari pada kelas eksperimen. Pada uji t menunjukkan probabilitas < 0,05, maka Ho ditolak yang artinya terdapat perbedaan signifikan rata-rata nilai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan data di atas dapat disimpulkan bahwa modul Administrasi Umum berbasis saintifik dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X pada mata pelajaran Administrasi Umum di SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi Kabupaten Malang. Berdasarkan dari hasil penelitian dan pengembangan, disarankan agar untuk penulis selanjutnya melakukan penelitian pada materi yang berbeda serta membandingkan modul berbasis saintifik dengan modul yang lain dengan menggunakan bahan ajar yang telah ada. SUMMARY Mardiana, Fuji. 2019. Development of Scientific General Administration Modules to Improve Student Learning Outcomes (A Study in 10th Grades Automation and Office Management at SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi Malang Regency). Sarjana’s Thesis, Department of Management, Faculty of Economics, Univeriversitas Negeri Malang. Advisor: Drs. Sarbini M.Pd. Keywords: learning module, scientific, student learning outcomes The research and development at SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi Malang Regency aims to produce a proper General Administration module and to know the difference in learning outcomes of students who use the scientific administration module based on learning outcomes of class students who do not use modules. This research and development was carried out using a 4D model developed by Thiagarajan through 4 stages, namely defining, designing, developing and distributing. This research was conducted at SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi Malang Regency on General Administration subjects on the basic competencies of Applying Work Spaces or Offices to Improve Learning Outcomes of Learners. The purpose of this study is to provide test questions to determine the ability of students. Before the test questions are given to students the question must be tested before the other classes. The module was validated by two module experts and two material experts who produced an average of 87.45% and 92.45% so that the module was said to be very valid. However, because there are still suggestions from two module experts and material experts, repairs must be made first. Furthermore, based on the limitations test conducted by students, the average percentage of the results is 90.33% so that the module is said to be very valid and can be used as teaching material in the learning process. Based on the results of the SPSS calculation, it can be seen that the first output of the Independent Sample T-Test shows that the average value of the control class 72.59 and the experimental class 84.38 shows that there are differences in learning outcomes between the two classes. In addition, it can be seen by looking at also the standard deviation of the control class is 9.98 while the standard deviation of the experimental class is 7.18. The standard deviation of the control class is greater than the experimental class indicating that the control class has a heterogeneous value rather than the experimental class. In the t test shows the probability < 0.05, then Ho is rejected, which means there are significant differences in the average value of the experimental class and the control class. Based on the above data it can be concluded that the scientific-based General Administration module can improve the learning outcomes of class X students on General Administration subjects at SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi Malang Regency. Based on the results of research and development, it is suggested that the authors then conduct research on different material and compare scientific-based modules with other modules using existing teaching materials. KATA PENGANTAR Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Allah Yang Maha Esa karena berkat rahmat dan hidayah-Nya penulis mampu menyelesaikan dalam penyusunan skripsi yang berjudul “Pengembangan Modul Administrasi Umum Berbasis Saintifik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik”. Penyusunan skripsi ini dibuat untuk memenuhi salah satu persyaratan untuk kelulusan dan mendapatkan gelar Sarjana Pendidikan Administrasi Perkantoran Jurusan Manajemen Universitas Negeri Malang. Dalam penyusunan skripsi ini tidak lepas bimbingan, dukungan, dan bantuan yang diberikan kepada penulis. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini penulis menyampaikan banyak terima kasih kepada: 1.Kedua orang tua yang telah memberikan dukungan dan doa tanpa ada hentinya serta memberikan perhatian dan kasih sayang yang tidak ada batasnya. 2.Bapak Drs. Sarbini, M.Pd., selaku pembimbing skripsi yang sabar kepada penulis dalam menyelesaikan skripsi. 3.Bapak Drs. H. Gatot Isnani, M.Si., selaku dosen penguji I yang telah menguji, memberikan kritik dan saran kepada penulis, serta membantu penulis dalam menyelesaikan skripsi. 4.Ibu Yuli Agustina, S.Pd., S.E., M.M., selaku dosen penguji II yang telah menguji, memberikan kritik dan saran kepada penulis dalam menyelesaikan skripsi. 5.Bapak Drs. I Nyoman Suputra, M.Si., dan Ibu Dr. Heny Kusdiyanti, M.M., selaku dosen Manajemen yang telah bersedia menjadi validator modul dalam penelitian dan pengembangan yang penulis lakukan. 6.Bapak H. Imam Bukhori, S.Pd., M.Pd., dan Ibu Ari Damayanti S.Pd., selaku dosen Manajemen dan guru SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi Kabupaten Malang yang bersedia menjadi validator ahli materi dalam penelitian dan pengembangan yang penulis lakukan. 7.Kepala sekolah SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi, Bapak H. Pahri, S.Ag, M.M., yang memberikan izin kepada penulis untuk melakukan penelitian. 8.Mukhammad Nafi, selaku suami yang selalu memberi dukungan, pengertian dan doa dalam menyelesaikan skripsi. 9.Teman-teman peneliti, Offering M S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran 2015, yang telah memberikan doa, dukungan, dan semangat selama ini. 10.Semua pihak yang telah berperan secara langsung maupun tidak langsung dalam menyelesaikan penyusunan skripsi ini. Semoga atas segala bantuan yang telah diberikan kepada penulis mendapat balasan dari Allah SWT dan dijadikan sebagai salah satu amalan yang baik selama hidup di dunia dan akhirat kelak. Malang, 02 Juli 2019 Penulis

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/78796

Actions (login required)

View Item View Item