Penerapan pembelajaran Problem Based Learning (PBL) menggunakan media peta konsep IMinMap pada mata pelajaran kearsipan untuk meningkatkan hasil belajar siswa (studi pada siswa kelas X OTP SMK Negeri 1 Jombang) / Savira Amalia

Amalia, Savira (2019) Penerapan pembelajaran Problem Based Learning (PBL) menggunakan media peta konsep IMinMap pada mata pelajaran kearsipan untuk meningkatkan hasil belajar siswa (studi pada siswa kelas X OTP SMK Negeri 1 Jombang) / Savira Amalia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Amalia, S. 2019. Penerapan Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Menggunakan Media Peta Konsep IMindMap Pada Mata Pelajaran Kearsipan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa (Studi Pada Siswa Kelas X OTP SMK Negeri 1 Jombang). Skripsi, Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Yuli Agustina, S.Pd., S.E., M.M Kata Kunci: Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL), Hasil Belajar siswa, Mind Mapping, IMindMap Pendidikan menjadi elemen penting sebagai upaya mencerdaskan kehidupan bangsa. Pembelajaran yang baik adalah pembelajaran yang dapat membuat siswa paham dan aktif mengikuti pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Bagaimana penerapan pembelajaran Problem Based Learning (PBL) menggunakan media peta konsep IMindMap pada mata pelajaran kearsipan di kelas X OTP SMK Negeri 1 Jombang 2) Bagaimana hasil belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) menggunakan media peta konsep IMindMap pada mata pelajaran kearsipan di kelas X OTP SMK Negeri 1 Jombang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui dua siklus dimana setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu: (1) perencanaan tindakan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi, (4) refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran di SMK Negeri 1 Jombang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan post test diakhir siklus, nilai dari guru, pedoman wawancara, lembar observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Hasil penelitian ini penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) menggunakan media peta konsep IMindMap pada mata pelajaran kearsipan terlaksana dalam 2 siklus, 4 pertemuan, serta menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) menggunakan media peta konsep IMindMap pada mata pelajaran kearsipan di kelas X OTP SMK Negeri 1 Jombang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan hasil belajar aspek kognitif ditandai dengan meningkatnya nilai yang diperoleh dan ketuntasan nilai siswa, pada aspek psikomotorik terjadi peningkatan ditandai pada proses penyusutan arsip dan keaktifan siswa dalam pembelajaran. penerapan pembelajaran Problem Based Learning (PBL) menggunakan media peta konsep IMindMap pada kelas eksperimen memperoleh rata-rata nilai yang lebih tinggi daripada rata-rata nilai pada kelas kontrol. Untuk selanjutnya disarankan untuk melakukan penelitian model pembelajaran Problem Based Learning menggunakan media peta konsep IMindMap dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif lainnya seperti make a match, teams game tournament agar siswa lebih kreatif dan pada Kompetensi Dasar lain dan mata pelajaran lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/78794

Actions (login required)

View Item View Item