Pengaruh keluasan kegiatan ekstrakurikuler (breadth of extracurricular activities) terhadap hasil belajar melalui konsep diri (studi pada peserta didik kelas X Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran SMK Negeri 2 Kediri dan SMK Negeri 2 Blitar) / Yulia Dian Pertiwi

Pertiwi, Yulia Dian (2019) Pengaruh keluasan kegiatan ekstrakurikuler (breadth of extracurricular activities) terhadap hasil belajar melalui konsep diri (studi pada peserta didik kelas X Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran SMK Negeri 2 Kediri dan SMK Negeri 2 Blitar) / Yulia Dian Pertiwi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Pertiwi, Yulia.Dian. 2019. PengaruhKeluasanKegiatanEkstrakurikuler (Breadth of Extracurricular Activities) terhadapHasilBelajarmelaluiKonsepDiri (Studi pada Peserta Didik Kelas X Otomatisasidan Tata KelolaPerkantoran SMK Negeri 2 Kediri dan SMK Negeri 2 Blitar). Skripsi, JurusanManajemen, FakultasEkonomi, UniversitasNegeri Malang. Pembimbing: Dr.Sopiah, M.Pd, M.M Kata Kunci :keluasankegiatanekstrakurikuler, konsepdiri, hasilbelajar Kegiatanekstrakurikulermerupakansuatu model pembelajarankontekstualdimanapesertadidikdiberipembelajaransecaraaktif, kreatif, produktif, danmenyenangkan. Kegiatanekstrakurikulerdiharapkandapatmembantumengembangkankreatifitas, bakatdanminatpesertadidikuntukmenambahwawasanpengetahuandanpengalaman yang kemungkinanbesartidakmerekadapatkandarikegiatankurikulersehinggadapatdicapaiprestasiseoptimalmungkin.Namun, tidakseluruhkegiatanekstrakurikulerberjalanberbandinglurusdengantujuanawalnya, yaitumengarahkanpesertadidikuntukmencapaiprestasiseoptimalmungkin, karenapadakenyataannyapadabeberapakasus, kegiatanekstrakurikulerjustrumenjadisalahsatufaktor yang menjadipenyebabmenurunnyaprestasidalambidangakademikpesertadidik.Demikianhalnyadenganpenentudalamkeberhasilanperkembanganpesertadidik, salahsatunyaadalahkonsepdiri. Apabilapesertadidiktelahmengetahuikonsepdirimasing-masingmakamerekatidakakansalahmemilihsesuatu yang dikehendaki, dalamhalsatuanpendidikansalahsatunyayaitumemilihkegiatanekstrakurikuler. Ketikapesertadidikberhasilmemilihkegiatanekstrakurikuler yang cocokdantidakmengganggukegiatanbelajarmengajardisekolahmakahasilbelajarpesertadidik pun akanmaksimal. TujuanPenelitianiniuntukmengetahui (1) pengaruhkeluasankegiatanekstrakurikuler(Breadth of Extracurricular Activities)terhadaphasilbelajar (2) pengaruhkeluasankegiatanekstrakurikuler(Breadth of Extracurricular Activities)terhadapkonsepdiri (3) pengaruhkonsepdiriterhadaphasilbelajar, dan (4) pengaruhkeluasankegiatanekstrakurikuler(Breadth of Extracurricular Activities) terhadaphasilbelajarmelaluikonsepdiri. Pendekatanpenelitianinimenggunakanpenelitiankuantitatif. Populasipenelitianiniadalahpesertadidik X Otomatisasidan Tata KelolaPerklantoran SMKN 2 Kediri dan SMKN 2 Blitardengan total populasi 104 pesertadidik. SampelPenelitiansebanyak 82 pesertadidik yang terbagiduayaitu SMKN 2 Kediri sebanyak 50 pesertadidikdan SMKN 2 Blitarsebanyak 32 pesertadidik. Pengumpulan data menggunakanangketdandokumentasi. Ujivaliditasdanreliabiltasdananalisis data menggunakan SPSS versi 23.0 for windows. Analisis data dilakukandenganstatistikdeskriptifdanstatistikinferensial. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa (1) pesertadidik yang aktifmengikutikegiatanekstrakurikulerdansesauidenganbakatdanminat yang dimilikiataukonsepdiri yang positifmemperolehhasilbelajar yang baik, (2) keluasankegiatanekstrakurikuler(Breadth of Extracurricular Activities) di SMKN 2 Kediri dan SMKN 2 Blitarberpengaruhpositifdansignifikanterhadaphasilbelajar, (3) keluasankegiatanekstrakurikuler(Breadth of Extracurricular Activities)di SMKN 2 Kediri dan SMKN 2 Blitarberpengaruhpositifdansignifikanterhadapkonsepdiri, (4) konsepdiridi SMKN 2 Kediri dan SMKN 2 Blitarberpengaruhpositifdansignifikanterhadaphasilbelajar, dan (5) keluasankegiatanekstrakurikuler(Breadth of Extracurricular Activities)di SMKN 2 Kediri dan SMKN 2 Blitarberpengaruhpositifdansignifikanterhadaphasilbelajarmelaluikonsepdiri. Saran yang diberikanpenelitiadalah(1) bagidinaspendidikanprovinsijawatimurpenelitianinidapatdijadikansebagaimasukanbagidinasdalammeningkatkanmutupendidikan di lingkungankerjanya, terutamadalamhalkegiatanpembelajaran di luar jam belajar, (2) bagipimpinan SMKN 2 Kediri dan SMKN 2 Blitardiharapkanpihaksekolahlebihmemberikanmotivasi yang bijakkepadapesertadidik agar pesertadidik yang kurangpercayadirimengikutikegiatanekstrakurikulerseiringberjalannyawaktu agar bisalebihaktifdalamkegiatantersebut, (3) bagisiswa SMKN 2 Kediri dan SMKN 2 Blitarsiswadapatmenjadikanhasilpenelitianinisebagaiwawasanuntuklebihbersemangatdalammengikutikegiatan yang ada di luar jam belajaruntukmeningkatkanbakatdanminat yang dimiliki, (4) bagipenelitiselanjutnyayaitumengingatvariabelbebasdalampenelitianinimerupakanhal yang sangatpentingdalammempengaruhihasilbelajardiharapkanhasilpenelitianinidapatdipakaisebagaiacuanbagipenelitiselanjutnyauntukmengembangkanpenelitianinidenganmempertimbangkanvariabel-variabel lain yang merupakanvariabel lain diluarvariabel yang sudahmasukdalampenelitianini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/78792

Actions (login required)

View Item View Item