Romadhoni, Mohammad Marzuq (2019) Pengembangan instrumen penilaian autentik berbasis kinerja pada mata pelajaran kearsipan untuk mengukur hasil belajar peserta didik (studi pada kelas X Administrasi Perkantoran di SMK SAQA, Kabupataen Probolinggo) / Mohammad Marzuq Romadhoni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
i ABSTRAK Romadhoni Moh Marzuq. 2019. Pengembangan Instrument Penilaian Autentik Berbasis Kinerja Pada Mata Pelajaran Kearsipan untuk Mengukur Hasil Belajar Peserta Didik (Studi pada Kelas X Administrasi Perkantoran di SMK SAQA Kabupaten Probolinggo). Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Wening Patmi Rahayu S.Pd M.M. Kata Kunci assessment autentik penilaian kinerja pembelajaran kearsipan SMK Administrasi Perkantoran X. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model assesment autentik berbasis kinerja yang dapat mengembangkan potensi kemampuan dan kreativitas siswa mengembangkan karakter siswa mengukur kompetensi siswa berdasarkan standar kompetensi serta memenuhi persyaratan assessment yang baik. Model assessment yang dikembangkan menggunakan dua macam instrument tes maupun non tes yang terbagi dalam tiga ranah yaitu (1) assessment kinerja yang terdiri dari tugas kinerja dan rubrik penilaian (2) assessment pengetahuan yang terdiri dari soal pilihan ganda dilengkapi dengan kunci jawaban serta studi kasus beserta pengamatan kemampuan pemecahan masalah dan (3) assessment angket sikap ilmiah berupa self assessment peer assessment dan pengamatan karakter siswa. Tujuan penelitian yang diajukan dalam penelitian ini yaitu (1) menghasilkan produk berupa paket instrument autentik assessment berbasis kinerja pada mata pelajaran Kearsipan Kompetensi Dasar Menyimpan dan Menemukan Kembali Arsip/Dokumen (2) mendeskripsikan kelayakan instrument penelitian Development berdasarkan model pengembangan pembelajaran Borg Gall yang dimodifikasi melalui validasi ahli dan uji coba keterbacaan. Prosedur pengembangan dibagi dalam enam tahapan yaitu (1) research and information collecting (2) planning (3) develop preliminary (4) preliminary (5) main product revision (6) operational field resting. Subjek coba adalah siswa kelas X Administrasi Perkantoran SMK SAQA Kabupaten Probolinggo. Teknik analisis data menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Pendekatan kualitatif digunakan untuk menganalisis komentar dan saran dari pakar dan guru pendekatan kuantitatif digunakan untuk menganalisis hasil validasi pakar menggunakan rumus persentase. Kesimpulan penelitian ini adalah sebagai berikut (1) Pengembangan autentik asesmen berbasis kinerja menghasilkan produk berupa paket instrument autentik yang digunakan untuk mengukur dan meningkatkan potensi serta kreativitas siswa yang terbagi dalam instrument tes dan non tes yang mencakup ranah psikomotorik kognitif dan afektif (2) Kualitas produk yang dihasilkan (a) model assessment autentik yang dikembangkan telah memiliki kriteria sebagai model yang valid ditinjau dari aspek tugas rubrik prinsip kegiatan pembelajaran maupun pelaksanaan pembelajaran dan semua aspek tersebut telah memiliki kriteria yang sangat baik dan dapat digunakan tanpa revisi substantive (b) semua instrument model autentik assessment dalam pembelajaran Kearsipan kelas X telah memenuhi kriteria sebagai instrument yang valid objektif sistematis dan praktis.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 22 Jul 2019 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2019 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/78789 |
Actions (login required)
View Item |