Pengembangan e-module berbasis digital flipbook pada mata pelajaran administrasi keuangan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik (studi pada peserta didik kelas XII AP SMK Negeri 2 Blitar) / Cahya Mega Imelda - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan e-module berbasis digital flipbook pada mata pelajaran administrasi keuangan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik (studi pada peserta didik kelas XII AP SMK Negeri 2 Blitar) / Cahya Mega Imelda

Imelda, Cahya Mega (2019) Pengembangan e-module berbasis digital flipbook pada mata pelajaran administrasi keuangan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik (studi pada peserta didik kelas XII AP SMK Negeri 2 Blitar) / Cahya Mega Imelda. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Imelda Cahya Mega. 2019. Pengembangan E-module Berbasis Digital Flipbook Pada Mata Pelajaran Administrasi Keuangan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik (Studi pada Peserta Didik Kelas XII AP SMK Negeri 2 Blitar). Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. H. Mohammad arief M.Si. Kata Kunci E-module Flipbook Administrasi Keuangan Hasil Belajar Pengembangan e-module Administrasi Keuangan sangat dibutuhkan karena belum adanya modul yang diperuntukan untuk peserta didik. pengembangan e-module ini bertujuan untuk (1) Menghasilkan e-module berbasis Fipbook pada mata pelajaran Administrasi Keuangan berbasis Flipbook untuk peserta didik kelas XII SMK Negeri 2 Blitar (2) Mengetahui kelayakan e-module pada mata pelajaran Administrasi Keuangan berbasis Flipbook untuk peserta didik kelas XII SMK Negeri 2 Blitar melalui validasi ahli materi dan ahli media dan (3) Mengetahui efektifitas e-module pada mata pelajaran Administrasi Keuangan berbasis Flipbook untuk kelas XII SMK Negeri 2 Blitar dengan cara mengukur perbedaan pada hasil belajar peserta didik kelas eksperimen yang menggunakan media dengan kelas kontrol yang tidak menggunakan media. Model penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah model penelitian dan pengembangan Borg Gall dengan langkah-langkah yang telah disesuaikan dengan keadaan lapangan dan batas waktu yang di berikan sekolah yaitu (1) Potensi dan Masalah (2) Pengumpulan data (3) Desain Produk (4) Validasi desain (5) Revisi desain (6) Uji coba produk (7) Revisi produk (8) Uji coba pemakaian (9) Produk akhir.validasi e-module dilakukan oleh ahli media ahli materi dan 6 peserta didik. Hasil validasi oleh ahli materi diperoleh 95 63% yang dinyatakan sangat valid sedangkan hasil validasi oleh ahli media diperoleh 87 95% yang dinyatakan sangat valid. Hasil uji coba terbatas yang dilakukan secara langsung untuk mengetahui kemudahan pemahanan materi memperoleh hasil sebesar 81 38% yang dinyatakan sangat mudah dipahami . setelah melaksanakan pembelajaran pada kelas kontrol dan kelas eksperimen diperoleh rata-rata nilai posttest aspek kognitif untuk kelas kontrol 78 66 dan untuk kelas eksperimen 88 25. Saran untuk peneliti berikutnya untuk mempelajari produk ini terutama software Flip PDF Corporate untuk kemudian dikembangkan produk yang lebih kreatif dan inovatif dengan menghubungkan beberapa software. Materi yang tersedia dalam e-module hanya berbasisi pada satu kompetensi dasar pada mata pelajaran Adminstrasi Keuangan kelas XII AP SMK Negeri 2 Blitar untuk peneliti selanjutnya disarankan agar menambahkan materi yang lebih luas. Selanjutnya disarankan pada peneliti untuk melakukan validasi ahli materi dan hali media lebih dari satu orang sehingga kualitas e-module menjadi lebih baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/78786

Actions (login required)

View Item View Item