Peningkatan keterampilan menulis deskripsi dengan menggunakan media accordion book pada siswa kelas I SDN Madyopuro 2 Malang / Verawati Maarang - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan keterampilan menulis deskripsi dengan menggunakan media accordion book pada siswa kelas I SDN Madyopuro 2 Malang / Verawati Maarang

Verawati (2017) Peningkatan keterampilan menulis deskripsi dengan menggunakan media accordion book pada siswa kelas I SDN Madyopuro 2 Malang / Verawati Maarang. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Maarang Verawati. 2017. Peningkatan Keterampilan Menulis Deskripsi dengan Menggunakan Media Accordion Book pada Siswa Kelas I SDN Madyopuro 2 Malang. Skripsi.Jurusan Kependidikan Sekolah dan Pra-Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing I. Dra. Ratna Trieka Agustina S. Pd M. Pd.Pembimbing II. Drs. Sjafruddin S. Pd M. Pd. Kata kunci keterampilan menulis menulis deskripsi media accordion book Penelitian ini berlatar belakang kurangnya keterampilan menulis siswa kelas I dalam hal kemampuan menulis deskripsi dan banyaknya ide/gagasan yang dituangkan dalam bentuk tulisan. Hal ini disebabkan karena tidak adanya pemanfaatan media yang tepat dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk 1. Mendeskripsikan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran keterampilan menulis dengan menggunakan media accordion book pada siswa kelas I SDN Madyopuro 2 Malang. 2. Mendeskripsikan penggunaan media accordion book dapat meningkatkan keterampilan menulis deskripsi siswa kelas I SDN Madyopuro 2 Malang. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelasyang dilakukan dengan II siklus dengan tahapan penelitian yang meliputi perencanaan pelaksanaan observasi refleksi. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas I SDN Madyopuro 2 Malang yang berjumlah 32 siswa. Instrumen penelitian ini meliputi lembar observasi dan dokumentasi teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis data secara kualitatif. Pembelajaran pada penelitian Siklus I dan Siklus II dimulai dengan guru menunjukkan dan memberi penjelasan tentang langkah-langkah menulis deskripsi pada media accordion book pada siswa kemudian siswa diminta untuk menempelkan gambar yang telah mereka bawa pada media tersebut dan mendeskripsikan gambar tersebut dalam bentuk tulisan pada media accordion book. Media accordion book memiliki keunggulan yang dapat meningkatkan keterampilan menulis deskripsi siswa. Keunggulan media ini yaitu menarik memiliki bentuk yang unik berwarna-warni dan sesuai untuk digunakan dalam pembelajaran menulis deskripsi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan penggunaan media accordion book dapat meningkatkan keterampilan menulis deskripsi siswa kelas I SDN Madyopuro 2 Malang. Peningkatan terjadi karena aktivitas guru dalam kegiatan pembelajaran guru memberi contoh langkah-langkah menulis deskripsi dengan menggunakan media accordion book. Sehingga pada saat siswa diberi tugas siswa dapat menuangkan ide/gagasan mereka dalam tulisan deskripsi pada media accordion book. Selain itu siswa juga tertarik dengan media accordion book karena bentuknya yang unik dan berwarna-warni. Dapat disarankan agar guru juga menerapkan accordion bookdalam pembelajaran di kelas agar siswa tidak bosan dan guru harus menciptakan suasana belajar yang aktif dan menyenangkan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Jun 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/7877

Actions (login required)

View Item View Item