Penerapan model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually) pada mata pelajaran korespondensi untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik (studi pada kelas X otomatisasi dan tata kelola perkantoran SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen Kabupaten Malang / Jeffri Agus Prianto - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually) pada mata pelajaran korespondensi untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik (studi pada kelas X otomatisasi dan tata kelola perkantoran SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen Kabupaten Malang / Jeffri Agus Prianto

Prianto, Jefri Agus (2018) Penerapan model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually) pada mata pelajaran korespondensi untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik (studi pada kelas X otomatisasi dan tata kelola perkantoran SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen Kabupaten Malang / Jeffri Agus Prianto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Prianto Jeffri Agus.2018.Penerapan Model Pembelajaran SAVI (Somatic Auditory Visualization Intellectually) Pada Mata Pelajaran Korespondensi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik (Studi pada Kelas X Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen Kabupaten Malang). Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Heny Kusdiyanti S.Pd M.M. Kata Kunci SAVI (Somatic Auditory Visualization Intellectually) Kognitif Psikomotorik Hasil Belajar Berdasarkan hasil observasi melalui wawancara kepada guru mata pelajaran korespondensi diperoleh bahwa kegiatan korespondensi cenderung jarang menerapkan metode pembelajaran yang bervariasi sehingga peserta didik kurang aktif dan hasil belajar peserta didik masih rendah. Peneliti memiliki solusi untuk permasalahan yang dapat diterapkan guru melalui penerapan model pembelajaran SAVI(Somatic Auditory Visualization Intellectually). Tujuan penelitian ini yaitu (1) Bagaimana penerapan model pembelajaran SAVI pada mata pelajaran korespondensi (2) Apakah penerapan model pembelajaran SAVI dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik (3) Apa saja hambatan yang ditemui selama penerapan model pembelajaran SAVI pada mata pelajaran Korespondensi di kelas X OTKP 2 SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian sebanyak 35 peserta didik di kelas X OTKP 2. Analisis data penelitian mengunakananalisis data kualitatif yaitu dengan cara reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pada setiap siklus penelitian ini terdiri dari tahap perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Hasil penelitian ini yaitu (1) Penerapan pembelajaran SAVI diterapkan pada kelas X OTKP 2 mata pelajaran korespondensi selama 2 siklus yang sesuai dengan RPP (2) Pembelajaran dengan pendekatan SAVI dapat meningkatkan hasil belajar khusunya pada 2 aspek yaitu aspek kognitif pada siklus I pre testsebesar 71 31% dan post test sebesar 77 22% terjadi peningkatan setelah tindakan di siklus II pre test sebesar 77 25% dan post test sebesar 91 08%. Sedangkan pada aspek psikomotorik terdapat peningkatan secara signifikan di setiap indikator kriteria (3) Hambatan selama diterapkan ialah peserta didik kurang terbiasa dengan penerapan model pembelajaran SAVI sehingga kurang kondusif hal tersebut dapat diatasidengan memberikan pendekatan pada peserta didik. Kesimpulan penilitian ini yaitu (1) Penerapan model pembelajaran SAVI pada mata pelajaran korespondensi di kelas OTKP dilaksanakan dalam 2 siklus selama 4 kali pertemuan yang sesuai dengan RPP (2) Penerapan model pembelajaran SAVI dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik diperoleh dari hasil pre test dan post test dari tindakan penelitian siklus I dan siklus II (3) Bagi peneliti selanjutnya apabila melakukan penelitian menggunakan model pembelajaran SAVI perlu mengembangkan penggunaan alat-alat penunjang pembelajaran sehingga proses penelitian berjalan lancar sesuai hasil yang diinginkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/78705

Actions (login required)

View Item View Item