Pengembangan media video pembelajaran pada mata pelajaran IPA tentang Sifat dan Perubahan Wujud Benda kelas IV SDN Merjosari 5 Malang / Dicky Candra Kurniawan

Kurniawan, Dicky Candra (2018) Pengembangan media video pembelajaran pada mata pelajaran IPA tentang Sifat dan Perubahan Wujud Benda kelas IV SDN Merjosari 5 Malang / Dicky Candra Kurniawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kurniawan Dicky Candra. 2018. Pengembangan Media Video Pembelajaran pada Mata Pelajaran IPA tentang Sifat dan Perubahan Wujud Benda Kelas IV SDN Merjosari 5 Malang. Skripsi Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Dedi Kuswandi M.Pd. (II) Arafah Husna S.Pd M.Med. Kom. Keywords Pengembangan Video Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Pendidikan dengan memanfaatkan teknologi akan mempermudah proses pembelajaran. Media pembelajaran merupakan suatu hal yang sangat diperlukan yang bersifat melengkapi dan menjadi bagian yang sangat penting dalam keberhasilan proses pendidikan di sekolah. Media video dalam pembelajaran akan membantu guru dalam menyampaikan materi dan menciptakan suasana belajar yang tidak monoton serta akan membantu memudahkan peserta didik dalam memahami materi. Tujuan pengembangan ini adalah menghasilkan produk Pengembangan Media Video Pembelajaran pada Mata Pelajaran IPA tentang Sifat dan Perubahan Wujud Benda Kelas IV di SDN Merjosari 5 Malang yang valid dan efektif untuk pembelajaran. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Sadiman. Tahap-tahap dalam pengembangan media sesuai dengan model Sadiman meliputi tahapan sebagai berikut (1) identifikasi kebutuhan (2) perumusan tujuan pembelajaran (3) pengembangan materi (4) pengembangan alat evaluasi (5) penulisan naskah (6) produksi media (7) menyusun petunjuk pemanfaatan (8) validasi/tes (9) revisi. Subjek penelitian dalam pengembangan ini adalah siswa kelas IV SDN Merjosari 5 Malang yang berjumlah 36 siswa. Media Video Pembelajaran ini divalidasi oleh ahli media ahli materi dan uji coba pada siswa. Berdasarkan hasil angket ahli media diperoleh persentase 96 25% ahli materi 88 75% uji coba perorangan 100% uji coba kelompok kecil 96 4% dan uji coba kelompok besar 96%. Berdasarkan data tes hasil belajar diperoleh hasil pre-test 75% dan hasil post-test 94 4%. Berdasarkan hasil validasi dan tes hasil belajar pengembangan media video pembelajaran ini memenuhi kriteria valid dan layak digunakan dalam proses pembelajaran. Media video pembelajaran ini dikategorikan efektif dan mampu meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA tentang Sifat dan Perubahan Wujud Benda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Sep 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/787

Actions (login required)

View Item View Item