Pengembangan multimedia interaktif pelajaran baca tulis aksara Jawa dengan sandhangan untuk kelas IV SD / Wisnu Lazuardi Yusuf - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan multimedia interaktif pelajaran baca tulis aksara Jawa dengan sandhangan untuk kelas IV SD / Wisnu Lazuardi Yusuf

Yusuf, Wisnu Lazuardi (2018) Pengembangan multimedia interaktif pelajaran baca tulis aksara Jawa dengan sandhangan untuk kelas IV SD / Wisnu Lazuardi Yusuf. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Yusuf Wisnu Lazuardi. 2018. Pengembangan Multimedia Interaktif Pelajaran Baca Tulis Aksara Jawa dengan Sandhangan Kelas IV SD. Skripsi Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. I Nyoman Sudana Degeng M.Pd. (II) Eka Pramono Adi S.Ip M.Si. Kata Kunci Bahasa Media Pembelajaran Huruf Jawa Ngelegena Muatan Lokal Sekolah Dasar Bahasa merupakan kemampuan yang dimiliki manusia untuk saling berkomunikasi dengan yang lainnya dengan menggunakan tanda seperti isyarat dan kata. Dalam hubungannya dengan kepentingan pelestarian kebudayaan nasional penelitian berbahasa dalam bahasa jawa merupakan hal yang penting (Departemen Pendidikan dan Kebudayaan 1990). Di tingkat sekolah dasar hingga menengah pertama materi aksara jawa wajib diajarkan khususnya di jawa timur sebagai pelajaran muatan lokal. Tujuan dari pengembangan ini adalah untuk menghasilkan produk berupa media interaktif yang valid dan efektif sehingga dapat dijadikan sebagai alternatif dalam pencapaian tujuan pembelajaran pada mata pelajaran bahasa daerah kelas IV SD khususnya materi aksara jawa dengan sandhangan. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pengembangan media Research and Development model Sugiyono (2013) yang dimodifikasi oleh peneliti. Ada delapan tahapan dalam model penelitian ini yaitu tahap potensi dan masalah tahap pengumpulan data tahap desain produk tahap validasi desain tahap revisi desain tahap uji coba produk tahap revisi produk tahap uji coba produk dan revisi produk. Subjek penelitian dalam validasi yaitu siswa SD Laboratorium Universitas Negeri Malang kelas IV berjumlah 18 siswa. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif dan kualitatif. Data kualitatif adalah saran dan tanggapan dari ahli media ahli materi serta hasil observasi tanggapan siswa tentang multimedia interaktif aksara jawa dengan sandhangan sedangkan data kuantitatif diperoleh dari angket tertutup yang diisi oleh ahli media dan ahli materi. Hasil pengembangan media pembelajaran baca tulis aksara jawa dengan sandhangan ini memenuhi kriteria valid yakni ahli media 97% ahli materi 95% uji coba perseorangan 79% uji coba kelompok kecil 90% uji coba lapangan 72%. Media pembelajaran ini dinyatakan efektif hal ini dibuktikan dari hasil belajar siswa yang menunjukan 16 siswa mencapai KKM sebesar 89%. Hanya 2 siswa belum mencapai KKM. Hasil ini diambil dari hasil belajar setelah menggunakan media pembelajaran. Sebelum disebarluaskan sebagai media penunjang pembelajaran atau alat bantu perlu dilakukan kajian terhadap sasaran yang dituju terlebih dahulu agar nantinya produk dapat dimanfaatkan sesuai dengan kebutuhan sasaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 03 Sep 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/785

Actions (login required)

View Item View Item