Mengidentifikasi rahasia sukses wirausahawan muda bidang usaha kuliner di Kota Blitar / Ardilah Dwi Anggraeni - Repositori Universitas Negeri Malang

Mengidentifikasi rahasia sukses wirausahawan muda bidang usaha kuliner di Kota Blitar / Ardilah Dwi Anggraeni

Anggraeni, Ardilah Dwi (2019) Mengidentifikasi rahasia sukses wirausahawan muda bidang usaha kuliner di Kota Blitar / Ardilah Dwi Anggraeni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Dwi Ardilah Anggraeni. 2019. Mengidentifikasi Rahasia Sukses Wirausahawan Muda Bidang Usaha Kuliner di Kota Blitar. Skripsi. Program Studi Pendidikan Tata Niaga Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. H. Agung Winarno M.M. Kata Kunci jiwa wirausaha wirausahawan muda bidang kuliner di Kota Blitar Fenomena yang terdapat di Kota Blitar saat ini adalah banyak bermunculan usaha-usaha kuliner baru dalam bentuk kafe. Beberapa diantara kafe yang menuai kesuksesan tersebut ternyata di miliki oleh pengusaha muda. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi proses pembelajaran kewirausahaan yang dialami pelaku usaha mengidentifikasi jiwa wirausaha yang dimiliki pelaku usaha dan kontribusinya terhadap pengelolaan usaha serta mengidentifikasi faktor pendukung maupun faktor penghambat kesuksesan wirausahawan muda khususnya bidang usaha kuliner di Kota Blitar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Informan dalam penelitian ini merupakan wirausahawan muda berusia 20-40 tahun memiliki usaha di bidang kuliner serta memiliki omset hasil usaha minimal sebesar Rp 25.000.000 -/bulan. Pengambilan data dilakukan dengan wawancara semi terstruktur yaitu wawancara berdasarkan pedoman umum yang telah dibuat berdasarkan teori aspek-aspek dalam jiwa wirausaha. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran kewirausahaan yang dialami oleh wirausahawan muda meliputi pendidikan informal formal non formal dan otodidak. Hal yang membedakan proses pembelajaran mereka adalah tingkat konsistensi dari keanekaragaman proses pembelajaran tersebut. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa jiwa wirausaha yang dimiliki oleh wirausahawan muda terbagi ke dalam lima aspek dasar yaitu percaya diri berinisiatif memiliki motif berprestasi memiliki jiwa kepemimpinan dan menyukai tantangan. Kelima aspek tersebut sangat mempengaruhi bagaimana wirausahawan bersikap baik pada saat sebelum saat merintis saat meraih kesuksesan dan saat mempertahankan kesuksesan usaha tersebut. Jiwa wirausaha yang dimiliki oleh wirausahawan mempengaruhi bagaimana mereka menyikapi berbagai faktor pendorong dan juga faktor penghambat. Sehingga faktor kunci rahasia sukses wirausaha terdapat pada jiwa wirausaha. Akan menjadi pendorong apabila jiwa wirausaha yang dimiliki pengusaha tersebut baik dan kuat serta akan menjadi penghambat apabila jiwa wirausaha yang dimiliki pengusaha tersebut kurang baik dan kurang kuat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/78473

Actions (login required)

View Item View Item