Pengembangan media e-learning dengan aplikasi edmodo pada mata pelajaran pengelolaan bisnis ritel pada siswa kelas XI Bisnis Daring dan Pemasaran SMKN 1 Turen / Anis Izzatul Haq - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media e-learning dengan aplikasi edmodo pada mata pelajaran pengelolaan bisnis ritel pada siswa kelas XI Bisnis Daring dan Pemasaran SMKN 1 Turen / Anis Izzatul Haq

Haq, Anis Izzatul (2019) Pengembangan media e-learning dengan aplikasi edmodo pada mata pelajaran pengelolaan bisnis ritel pada siswa kelas XI Bisnis Daring dan Pemasaran SMKN 1 Turen / Anis Izzatul Haq. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Haq Anis Izzatul. 2019. Pengembangan Media E-Learning Dengan Aplikasi Edmodo Pada Mata Pelajaran Pengelolaan Bisnis Ritel (Pada Siswa Kelas XI Bidang Keahlian Bisnis Daring dan Pemasaran SMKN 1 Turen). Skripsi. Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. Mohammad Hari M.Si Kata Kunci E-Learning dan Edmodo Sistem pembelajaran kurikulum 2013 adalah student centered yaitu mengharuskan peserta aktif untuk mencari sumber belajar. Kegiatan pembelajaran tidak berfokus kepada guru sebagai sumber belajar. Peserta didik dapat mencari sumber belajar sendiri dari buku-buku di perpustakaan internet teman sebaya lingkungan dan sebagainya. Melalui kemajuan dibidang teknologi informasi proses pembelajaran dimungkinkan terjadi dengan menyediakan sarana pembelajaran on-line melalui internet dan media elektronik. Konsep pembelajaran berbasis teknologi informasi seperti ini lebih dikenal dengan sebutan E-learning. Menurut Munadi (dalam Prasetiyono Sodong 2008 159)Istilah E-learning dapat diartikan sebagai jenis belajar mengajar yang memungkinkan tersampaikannya bahan ajar ke siswa dengan menggunakan media internet atau media jaringan komputer lain.Media pembelajaran E-Learningberbasis aplikasi edmodosaat ini banyak digunakan untuk kegiatan belajar mengajar. Salah satu media yang dapat digunakan untuk menunjang kegiatan dalam pembelajaran yaitu Edmodo. Menurut Gatot (dalam Putri Wahyuni Suharso 2013 3) Edmodo adalah platform media sosial yang sering digambarkan seperti Facebook untuk sekolah dan dapat berfungsi lebih banyak lagi sesuai kebutuhan. Edmodo merupakan media yang menarik bagi guru dan peserta didik dengan elemen sosial yang menyerupai Facebook. Seorang guru dapat dengan mudah mengelola sebuah sistem yang menyediakan fitur terbaik dan praktis sehingga guru selalu terhubung dengan peserta didik dan mengatur aktivitas peserta didik dengan mudah. Kegiatan pembelajaran yang dapat digunakan sesuai dengan fitur yang tersedia pada media Edmodo yakni contet sharing atau berbagi materi pelajaran penugasan kuis polling serta memungkinkan adanya kegiatan diskusi pada fitur komentar.Adapun pesifikasi produk yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah (1) Media e-learning yang didesain menggunakan aplikasi online Edmodo (2) Media yang bisa dioperasikan oleh siswa adalah Laptop/Komputer dan Smartphone berbasis Android yang telah terkoneksi dengan jaringan intenet (3) Media e-learning dengan aplikasi Edmodo ini dapat diakses oleh siswa baik di dalam kelas maupun di luar kelas (4) Media e-learning dengan aplikasiEdmodo ini juga memiliki menuAssigment yaitu yang diperuntukan kepada siswa agar mampu mengerjakan tugas yang terkait dengan pembajaran secara online. Metode yang digunakan oleh peneliti adalah metode Borg Gall yang sudah direvisi oleh peneliti. Berdasarkan tabel analisis validasi oleh ahli media diperoleh persentase sebesar 95% sehingga dapat dikatakan bahwa media tersebut mencapai tingkat 81% - 100% yang berarti mediaaplikasi edmodo yang dikembangkan oleh peneliti dikatakan sangat valid. Sedangkantabelanalisis validasi oleh ahli materi diperoleh persentase sebesar 96% sehingga dapat dikatakan bahwa media tersebut mencapai tingkat 81% - 100% yang berarti mediaaplikasi edmodo yang dikembangkan oleh peneliti dikatakan sangat valid. Berdasarkan hasil uji coba lapangan dengan di ikuti oleh 21 responden dari kelas XI Bisnis Daring dan Pemasaran 2 di SMKN 1 Turen yang telah dipaparkan dalam tabel diperoleh persentase sebesar 96% sehingga dapat dikatakan bahwa media tersebut mencapai tingkat 81% - 100% yang berarti mediaaplikasi edmodo yang dikembangkan oleh peneliti dikatakan sangat efektif digunakan dalam kegiatan proses belajar mengajar. Media e-leraning dengan aplikasi edmodo ini dikatakan efektif dapat dilihat dari (1) Proges nilai peserta didik sebelum dan sesudah menggunakan media e-leraning dengan aplikasi edmodo. Sebelum menggunakan media e-leraning dengan aplikasi edmodo peserta didik mendapatkan nilai dengan rata-rata 85 sedangkan nilai sesudah menggunakan media e-leraning dengan aplikasi edmodo mendapatkan nilai di atas rata-rata. (2) Siswa mudah mencari sumber pembelajaran. (3) Siswa mudah memahami materi. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui efektif atau tidaknya media pembelajaran menggunakan aplikasi edmodo dalam proses pembelajaran menjadi fokus dari penelitian ini yaitu siswa kelas XI Bisnis Daring dan Pemasaran SMK Negeri 1 Turen. Penelitian ini Jenis data yang akan diperoleh dalam kegiatan ini terdiri dari dan kuantitatif dan kualitatif yaitu pada data kualitatif berbentuk saran kritik dan masukan simana secara umum mengenai media pembelajaran yang akan diberkan oleh validator materi validator media maupun dari siswa uji coba untuk data kuantitatif akan diperoleh berupa skor ataupun penilaian dari para ahli uji coba lapangan dan nilai posttest siswa. Hasil penelitian adalah Maka kesimpulan yang telah didapatkan pada kegiatan penelitihan yang telah dilakukan penulis di SMK Negeri 1 Turen sebagai berikut (1) Berdasarkan hasil penelitian yang sudah dilakukan media edmodo yang telah tervalidasi dan layak digunakan pada mata pelajaran Pengelolaan Bisnis Ritel dengan kompetensi dasar Personal Selling dan Sales Promotion pada kelas XI BPD2 SMK Negeri 1 Turen. (2) Berdasarkan hasil penelitian ini telah tercapai tujuan peneliti yaitu dapat mempermudah siswa mengakses materi pada saat pelajaran berlangsung ataupun saat tidak melakukan proses pembelajaran. Berdasarkan hasil dari penelitian ini peneliti memberikan saran SMK Negeri 1 Turen Pengembangan media yang dilakukan penulis adalah untuk menghasilkan media pembelajaran yang efekif dan praktis bagi siswa dalam proses pembelajaran maka dengan menggunakan media pembelajaran menggunakan aplikasi edmodo diharapkan pembelajaran menjadi lebih menarik dan lebi efesien. Media ini memiliki beberapa fitu-fitur yang menghubungkan antara guru dengan siswa walaupun tak saling tatap muka. Maka agar dapat menggunakan secara benar dan baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: library UM
Date Deposited: 06 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/78472

Actions (login required)

View Item View Item