Penerapan model kolaborasi pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dan Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan hasil pembelajaran (studi pada peserta didik kelas X Bisnis Daring Pemasaran 1 SMK Muhammadiyah 2 Malang / Robby Panji Saputro - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model kolaborasi pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dan Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan hasil pembelajaran (studi pada peserta didik kelas X Bisnis Daring Pemasaran 1 SMK Muhammadiyah 2 Malang / Robby Panji Saputro

Saputro, Robby Panji (2019) Penerapan model kolaborasi pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dan Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan hasil pembelajaran (studi pada peserta didik kelas X Bisnis Daring Pemasaran 1 SMK Muhammadiyah 2 Malang / Robby Panji Saputro. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Saputro Robby Panji. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Kolaborasi Contextual Teaching and Learning (CTL) dan Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Pembelajaran (Studi Pada Peserta Didik Kelas X Bisnis Daring Pemasaran 1 SMK Muhammadiyah 2 Malang) Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. H. Ludi Wishnu Wardana S.Pd. S.E. M.M Kata Kunci contextual teaching and learningdan problem based learning hasil belajar. Hasil observasi awal di SMK Muhammadiyah 2 Malang pada kelas X BDP 1 menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik masih kurang memenuhi KKM yang sudah ditentukan. Hal ini terbukti dari hasil nilai ulangan KD 3.6 dari total keseluruhan peserta didik kelas X BDP 1 SMK Muhammadiyah 2 Malang yaitu 18 peserta didik memperoleh nilai ulangan dibawah KKM dari keseluruhan 24 peserta didik.Hal ini disebabkan karena pembelajaran Komunikasi Bisnis di kelas berpusat kepada guru peserta didik kurang diberikan kesempatan untuk bertanya sehingga dalam kegiatan pembelajaran tidak ada timbal balik antara guru dan peserta didik. Oleh karena itu peneliti ingin melakukan penelitian untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan menerapkan model pembelajaran kolaborasi CTL dan PBL. Tujuan dari penelitian ini menjelaskan bagaimana penerapan model pembelajaran kolaborasi CTL dan PBLpada mata pelajaran Komunikasi Bisnis dan apakah model pembelajaran kolaborasi CTL dan PBLdapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kuantitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sehingga kehadiran dan peran peneliti di lapangan sangat diperlukan. Hasil penelitian dari siklus I diperoleh berdasarkan rata-rata hasil belajar paska kegiatan sebesar 73 83%. Pada siklus II rata-rata hasil belajar peserta didik menunjukkan peningkatan yaitu sebesar 78 54% dan rata-rata hasil belajar siklus III kegiatan sebesar 84 25%. Berdasarkan penelitian yang telah dilaksankan di kelas X BDP 1 SMK Muhammadiyah 2 Malang dapat disimpulkan bahwa Penerapan model pembelajaran kolaborasi CTL dan PBLdapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X BDP 1 SMK Muhammadiyah 2 Malang semester genap tahun ajaran 2018/2019 pada mata pelajaran Komunikasi Bisnis. Saran yang dari penelitian ini adalah agar peneliti selanjutnya sebaiknya tidak hanya mengukur hasil belajar namun menambahkan variabel-variabel lain untuk menjadi penelitian yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: library UM
Date Deposited: 29 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/78466

Actions (login required)

View Item View Item