Pengembangan media pembelajaran berbasis autoplay media studio 8 untuk meningkatkan keterampilan dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran perencanaan bisnis (studi pada siswa kelas X Jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran SMK Islam Batu) / Muhammad Romadlon Deni Setiawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran berbasis autoplay media studio 8 untuk meningkatkan keterampilan dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran perencanaan bisnis (studi pada siswa kelas X Jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran SMK Islam Batu) / Muhammad Romadlon Deni Setiawan

Setiawan, Muhammad Romadlon Deni (2019) Pengembangan media pembelajaran berbasis autoplay media studio 8 untuk meningkatkan keterampilan dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran perencanaan bisnis (studi pada siswa kelas X Jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran SMK Islam Batu) / Muhammad Romadlon Deni Setiawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Setiawan Muhammad Romadlon Deni. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Autoplay Media Studio 8 Untuk Meningkatkan Keterampilan dan Hasil Belajar Peserta Didik(Studi Pada Peserta Didik Kelas X Bisnis Daring dan Pemasaran di SMK Islam Batu). Skripsi. Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Agus Hermawan M.Si GradDipMGT. M.Bus. Kata Kunci Media Pembelajaran Perencanaan Bisnis Autoplay Media Studio 8 Keterampilan Hasil Belajar. Media pembelajaran yang dikembangkan dalam penelitian ini berupa Media Pembelajaran Autoplay Media Studio 8. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru mata pelajaran Perencanaan Bisnis dinyatakan masih banyak yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimum). Hasil belajar di SMK Islam Batu kurang maksimal terutama pada kelas X BDP 3. Peserta didik di SMK Islam Batu kelas X Bisnis Daring dan Pemasaran tidak dapat merencanakan kegiatan atau event yang sesuai pada lapangan yang disebabkan oleh media pembelajaran yang masih terbatas dalam pemanfaatannya. Sementara itu Guru pemasaran di SMK Islam Batu belum menguasai seluruh program pengembangan media pembelajaran. Media yang digunakan selama ini hanya powerpoint.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Menghasilkan produk Media Pembelajaran Autoplay Media Studio 8. (2) Mengetahui Kelayakan Media Pembelajaran Autoplay Media Studio 8 (3) Meningkatkan Keterampilan Siswa (4) Meningkatkan Hasil Belajar Siswa melalui media pembelajaran Autoplay Media Studio 8. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R D). Rancangan model pengembangan yang digunakan penelitian ini model Borg Gall terdapat Sembilan langkah modifikasi sebagai berikut (1) Potensi dan Masalah (2) Pengumpulan Data (3) Pengembangan Draft Produk (4) Validasi Ahli (5) Revisi Produk (6) Uji Coba Produk (7) Revisi Produk (8) Uji Coba Pemakaian (9) Revisi dan Produk Akhir. Untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran AutoplayMedia Studio 8 yang dibuat peneliti menggunakan angket ahli media ahli materi dan uji coba kelompok kecil.Penelitian ini menggunakan kelas X BDP 1sebagai kelas kontrol sejumlah 24 siswa dan kelas X BDP 3 sebagai kelas eksperimen sebesar 24 siswa. Hasil dari penelitian dan pengembangan media pembelajaran Autoplay Media Studio pada tanggal 5 Mei 2019 yaitu (1) produk berupa media pembelajaran Media Pembelajaran Autoplay Media Studio 8 mata pelajaran Perencanaan Bisnis (2) Hasil Validasi ahli media sebesar 99% dengan kriteria sangat valid sedangkan ahli materi sebesar 88% dengan kriterian sangat valid. dan pengguna diperoleh data sebesar 88%dengan kriteria sangat valid. (3) Hasil Belajar Siswa Berdasarkan hasil pretest dan posttest pada kelas kontrol prosentase kenaikan sebesar 11 17%. Hasil rata-rata nilai X PMS 3 sebagai Kelas Eksperimen memperoleh Prosentase keberhasilan hasil belajar sebesar 27% dengan kategori kurang .Prosentase keberhasilan hasil belajar pada posttest kelas eksperimen adalah sebesar 85% dengan kategori sangat baik . Berdasarkan hasil pretest dan posttest pada kelas kontrol prosentase kenaikan sebesar 58%. (4) Hasil belajar siswa ranah psikomotor Pada kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. Prosentase Penilaian Keterampilan pada Kelas Eksperimen sebesar 89 93% dibandingkan dengan Kelas Kontrol yaitu 73 10% dengan selisih 16 83%. Saran PemanfaatanBagi peserta didik diharapkan untuk dapat menggunakan media pembelajaran Autoplay Media Studio 8 yaitu (1) Jika dirasa masih ada yang kurang dipahami peserta didik lebih baik menanyakan kepada guru mata pelajaran bersangkutan. (2) Saran Pemanfaatan Bagi Guru Bagi guru yaitu (1) Menguasai penggunaan media pembelajaran Autoplay Media Studio 8 sehingga mampu mengarahkan siswa untuk mempelajari Autoplay Media Studio 8.(2) Menyebarkan Media pembelajaran Autoplay Media Studio 8 pada mata pelajaran perencanaan bisnis melalui tim MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran) dengan menggunakan perkembangan teknologi baik CD atau flashdisk yang telah disediakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/78463

Actions (login required)

View Item View Item