Pengembangan e-modul berbantuan software kvisoft flipbook maker pada mata pelajaran produk kreatif dan kewirausahaan kompetensi dasar menerapkan media promosi pemasaran (studi pada kelas XI kompetensi keahlian Bisnis Daring dan Pemasaran SMKN 2 Blitar) / Gessi Gustya

Gustya, Gessi (2019) Pengembangan e-modul berbantuan software kvisoft flipbook maker pada mata pelajaran produk kreatif dan kewirausahaan kompetensi dasar menerapkan media promosi pemasaran (studi pada kelas XI kompetensi keahlian Bisnis Daring dan Pemasaran SMKN 2 Blitar) / Gessi Gustya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Gustya, G. 2019. Pengembangan E-Modul Berbantuan Software Kvisoft Flipbook Maker Pada Mata Pelajaran Produk Kreatif Dan Kewirausahaan Kompetensi Dasar Menerapkan Media Promosi Pemasaran (Studi Pada Kelas XI Kompetensi Keahlian Bisnis Daring Dan Pemasaran SMKN 2 Blitar). Skripsi Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Djoko Dwi Kusumajanto M.Si Kata Kunci: E-Modul, Software Kvisoft Flipbook Maker, Materi Menerapkan Media Promosi Pemasaran, Mata Pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan Sistem Pendidikan nasional diwujudkan dengan adanya kurikulum yang digunakan oleh guru sebagai acuan pemberian materi dalam kegiatan pembelajaran, penilaian kurikulum harus mencakup aspek kompetensi sikap, aspek keterampilan, aspek pengetahuan secara utuh dan proporsional, sesuai dengan kompetensi inti yang telah ditentukan. Di era modern seperti ini penggunaan media teknologi menjadi inovasi baru dalam dunia pendidikan, penggunaan teknologi dalam Pendidikan dan pembelajaran dimaksudkan untuk memudahkan atau mengefektifkan kegiatan pembelajaran, e-modul menjadi inovasi yang tepat untuk mengubah penyajian modul yang biasanya dicetak menjadi modul yang dapat dibaca tanpa harus dicetak dengan memanfaatkan perangkat teknologi yang telah berkembang seperti komputer dan juga laptop. Dengan menggunakan e-modul diharapkan dapat mengatasi keterbatasan ruang dan waktu dalam kegiatan belajar mengajar. Dengan demikian, siswa tidak perlu lagi membayangkan materi yang abstrak, karena e-modul akan membuat materi menjadi lebih konkrit. Pengembangan produk ini menggunakan model Borg & Gall yang disesuaikan dengan kebutuhan di lapangan: (1) Pengumpulan data dan informasi, (2) Perencanaan, (3) Desain produk, (4) Uji coba lapangan awal, (5) Revisi hasil uji coba, (6) Uji coba produk, (7) Revisi produk. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif dan data kualitatif. Data kualitatif diperoleh dari tanggapan, kritik, dan saran yang terdapat pada kuesioner, sedangkan data kuantitatif diperoleh dari kuesioner dalam bentuk skor penilaian. Data kuantitatif nantinya dianalisis dengan teknik analisis deskriptif persentase sehingga memberikan hasil yang valid mengenai penilaian produk berupa e-modul yang dikembangkan. Hasil penelitian dan pengembangan ini diperkuat dengan hasil analisis data dari validasi oleh validator dan penilaian oleh pengguna, yaitu ahli media sebesar 99% ahli materi sebesar 94% pengguna sebesar 90%. Berdasarkan analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa produk e-modul berbantuan software kvisoft flipbook maker dinyatakan valid dan dapat digunakan dalam pembelajaran materi menerapkan media promosi pemasaran mata pelajaran produk kreatif dan kewirausahaan di SMKN 2 Blitar. Saran bagi pengembangan selanjutnya adalah memperbarui materi serta tampilan lebih menarik dan menyempurnakan kelemahan – kelemahan yang ada dalam e-modul.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/78459

Actions (login required)

View Item View Item