Analisis efektivitas penggunaan laboratorium pemasaran untuk mendukung mata pelajaran produktif pada kompetensi keahlian bisnis daring dan pemasaran di SMK Negeri 2 Kediri / Febriana Fitri

Fitri, Febriana (2019) Analisis efektivitas penggunaan laboratorium pemasaran untuk mendukung mata pelajaran produktif pada kompetensi keahlian bisnis daring dan pemasaran di SMK Negeri 2 Kediri / Febriana Fitri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Febriana, Fitri. 2019. Analisis Efektivitas Penggunaan Laboratorium Pemasaran Untuk Mendukung Mata Pelajaran Produktif Pada Kompetensi Keahlian Bisnis Daring dan Pemasaran di SMK Negeri 2 Kediri. Skripsi. Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Djoko Dwi Kusumajanto, M.Si. Kata Kunci: Laboratorium Pemasaran, Penggunaan Laboratorium, Hambatan dan Cara Mengatasi. Laboratorium pemasaran merupakan fasilitas sekolah yang sangat penting untuk menunjang kegiatan pembelajaran dan pelatihan di sekolah menengah kejuruan. Pembelajaran yang hampir mengedepankan praktik dibandingkan teori saja tentunya sangat membutuhkan laboratorium untuk menunjang pembelajaran. SMK Negeri 2 Kediri salah satu sekolah yang memiliki laboratorium pemasaran di Kota Kediri. Untuk memperlancar kelangsungan pembelajaran yang ada di laboratorium pemasaran agar bisa tercapai dengan semaksimal mungkin tentunya harus memperhatikan kondisi atau keadaan saat penggunaan laboratorium. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan beberapa hal yang menjadi fokus dari penelitian yaitu deskripsi umum laboratorium pemasaran pada kompetensi keahlian Bisnis Daring dan Pemasaran di SMK Negeri 2 Kediri, efektivitas penggunaan laboratorium pemasaran untuk mendukung mata pelajaran produktif pada kompetensi keahlian Bisnis Daring dan Pemasaran di SMK Negeri 2 Kediri serta hambatan dalam penggunaan laboratorium pemasaran untuk mendukung mata pelajaran produktif pada kompetensi keahlian Bisnis Daring dan Pemasaran di SMK Negeri 2 Kediri dan cara untuk mengatasinya. Penelitian yang dilakukan ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendeketan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber informasi dari penelitian ini adalah Kepala Laboratorium Pemasaran Kompetensi Keahlian Bisnis Daring dan Pemasaran, Guru Produktif yang mengajar di Laboratorium Pemasaran Kompetensi Keahlian Bisnis Daring dan Pemasaran dan Peserta Didik Kompetensi Keahlian Bisnis Daring dan Pemasaran. Selanjutnya analisis data, peneliti menggunakan reduksi data, display data dan verivikasi data. Pengecekan keabsahan temuan, peneliti menggunakan trianggulasi dan menggunakan bahan referensi. Hasil penelitian ini yaitu (1) Terdapat 3 (tiga) laboratorium pemasaran di SMK Negeri 2 Kediri yang saat ini digunakan untuk menunjang proses pembelajaran yang mana berfungsi sesuai dengan fungsinya masing-masing, diantaranya adalah Laboratorium Pemasaran 1, Laboratorium Pemasaran 2 (KKPI) dan Bussines Center Alfamart; (2) Laboratorium pemasaran 1 sudah efektif karena selalu digunakan dalam kegiatan pratikum untuk mendukung mata pelajaran produktif administrasi transaksi & penataan produk dan peserta didik dapat memahami atau mengoperasikan peralatan yang ada di laboratorium, Laboratorium pemasaran 2 sudah efektif karena selalu digunakan dalam kegiatan pratikum untuk mendukung mata pelajaran produktif simulasi dan komunikasi digital (simdig) & bisnis online dan peserta didik dapat memahami atau mengoperasikan peralatan yang ada di laboratorium, Business center alfamart sudah efektif karena selalu digunakan dalam kegiatan pratikum dan peserta didik dapat memahami atau mengoperasikan peralatan yang ada di business center alfamart; (3) Laboratorium pemasaran 1 yang masih menjadikan ruanganan tersebut dijadikan satu yang sebenarnya ruangan itu terpisah karena ada masih terjadi proses pembangunan, alat-alat atau peralatan yang ada di laboratorium ada yang kurang saat penggunaan pratikum dan Laboratorium pemasaran 2 (KKPI) saat menggunakan jaringan internet atau wifi terjadi kelambatan atau kurang berjalan dengan lancar. Menanggapi hambatan masalah yang terjadi yaitu dengan cara mengatur jadwal penggunaan laboratorium disaat akan memakai laboratorium pemasaran agar tidak masuk ke ruangan secara bersamaan, menambahkan alat atau peralatan untuk praktikum yang masih belum terlengkapi, dan jaringan internet atau wifi biasanya dipakai secara bergantian. Berdasarkan hasil temuan dari penelitian ini peneliti memberikan saran SMK Negeri 2 Kediri harus segera memindahkan ruang laboratorium pemasaran ketempat yang lebih luas untuk memenuhi standar yang sudah ditetapkan. Laboratorium pemasaran sebaiknya diberi penamaan laboratorium sesuai dengan kegunaan laboratorium. Dan peserta didik diharapkan mengikuti kegiatan pembelajaran di dalam kelas maupun di laboratorium pemasaran dengan sungguh-sungguh agar setelah lulus sekolah peserta didik siap memasuki dunia kerja, mampu beradaptasi dengan lingkungan kerja dan dapat mengembangkan kompetensinya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/78458

Actions (login required)

View Item View Item