Pengembangan media mobile learning berbasis adobe animate pada mata pelajaran marketing siswa kelas X Bisnis Daring dan Pemasaran SMK Negeri 2 Blitar / Adrial Irfan Oktafian

Oktafian, Adrial Irfan (2019) Pengembangan media mobile learning berbasis adobe animate pada mata pelajaran marketing siswa kelas X Bisnis Daring dan Pemasaran SMK Negeri 2 Blitar / Adrial Irfan Oktafian. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Oktafian, Adrial Irfan. 2019. Pengembangan Media Mobile Learning Berbasis Adobe Animate Pada Mata Pelajaran Marketing Kelas X Bisnis Daring dan Pemasaran SMK Negeri 2 Blitar. Skripsi. Program Studi Pendidikan Tata Niaga, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Drs. H. Mohammad Hari, M.Si Kata Kunci: media mobile learning, adobe animate, marketing. Media pembelajaran sebagai sarana dalam proses pembelajaran memang sangat penting. Terdapat inovasi terbaru yang bisa digunakan dalam pembelajaran, salah satunya dengan memanfaatkan penggunaan telepon genggam (mobile) yang dimiliki siswa dalam sarana pembelajaran. Media pembelajaran yang memanfaatkan teknologi telepon seluler disebut dengan Mobile Learning (mlearning). Mobile learning merupakan salah satu alternatif pengembangan media pembelajaran. Sudah banyak siswa SMKN 2 Blitar yang memiliki smartphone terutama smartphone berbasis android. Pada mata pelajaran Marketing sangat memerlukan media pembelajaran yang efektif seperti media Mobile Learning berbasis Adobe Animate untuk menunjang keaktifan belajar siswa di kelas dan di rumah. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Menghasilkan produk berupa media mobile learning berbasis Adobe Animate pada mata pelajaran Marketing. (2) Mengetahui kelayakan media mobile learning berbasis Adobe Animate pada mata pelajaran Marketing. (3) Menghasilkan buku petunjuk penggunaan media pembelajaran yang diharapkan dapat membantu guru dan siswa dalam mengoperasikan media mobile learning berbasis Adobe Animate, yang didalamnya menjelaskan panduan praktis penggunaan media pembelajaran. Prosedur penelitian dan pengembangan diadaptasi dari Borg and Gall yang telah disederhanakan menjadi delapan langkah untuk digunakan dalam penelitian dan pengembangan mobile learning Berbasis Adobe Animate pada mata pelajaran Marketing meliputi (1) Penelitian dan Pengumpulan Informasi; (2) Perencanaan; (3) Pengembangan Produk; (4) Validasi Ahli; (5) Revisi Produk 1; (6) Uji Coba Lapangan; (7) Revisi Produk 2; (8) Hasil Produk Akhir. Kegiatan uji coba lapangan dilakukan pada siswa kelas X BDP 1 di SMK Negeri 2 Blitar. Pengumpulan data berupa kualitatif dan kuantitatif. Instrumen pengumpulan data wawancara dan angket. Hasil persentase validasi ahli materi diperoleh nilai rata-rata sebesar 95.8% sehingga dapat diartikan sangat valid dan rata-rata hasil persentase validasi ahli media diperoleh nilai sebesar 100% sehingga dapat diartikan sangat valid. Hasil persentase oleh pengguna atau siswa diperolah nilai rata-rata sebesar 88%. Hasil validasi gabungan menunjukan peresentase sebesar 92,9%. Berdasarkan hasil persentase tersebut maka media mobile learning berbasis Adobe Animate pada mata pelajaran Marketing Kelas X Bisnis Daring dan Pemasaran SMK Negeri 2 Blitar masuk dalam tingkat validitas sangat valid dan dapat digunakan tanpa perbaikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/78456

Actions (login required)

View Item View Item