Analisis pengelolaan program kelas Alfamart dalam membentuk kesiapan kerja peserta didik kelas XII Pemasaran 3 (Alfamart) di SMKN 1 Boyolangu Tulungagung / Meizin Nihayatul Hilmi

Hilmi, Meizin Nihayatul (2019) Analisis pengelolaan program kelas Alfamart dalam membentuk kesiapan kerja peserta didik kelas XII Pemasaran 3 (Alfamart) di SMKN 1 Boyolangu Tulungagung / Meizin Nihayatul Hilmi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Hilmi, Meizin Nihayatul. 2019. Analisis Pengelolaan Program Kelas Alfamart dalam Membentuk Kesiapan Kerja Peserta Didik Kelas XII Pemasaran 3 (Alfamart) di SMKN 1 Boyolangu Tulungagung. Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Aniek Indrawati, S.Si.,M.M. Kata Kunci: pengelolaan kelas alfamart, kontribusi, kesiapan kerja Pendidikan memiliki peran membentuk tenaga kerja yang terampil dan mampu bersaing. Program pendidikan yang memiliki fokus untuk mempersiapkan tenaga kerja adalah Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). SMK sebagai pemegang peranan penting dituntut untuk selalu mengikuti kebutuhan pengguna lulusan. Salah satu upayanya adalah melakukan kerja sama dengan pengguna lulusan yang berupa pembentukan kelas industri. SMK yang memiliki kelas industri yaitu SMKN 1 Boyolangu Tulungagung, yakni kerja sama antara kompetensi keahlian bisnis daring dan pemasaran dengan PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk berupa pembentukan kelas alfamart (alfamart class). Kegiatan pembelajarannya disesuaikan dengan kebutuhan industri ritel khususnya alfamart. Fokus penelitian ini adalah pengelolaan program kelas alfamart serta kontribusi program kelas alfamart dalam membentuk kesiapan kerja peserta didik kelas alfamart. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, kuesioner, observasi, dan studi dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui analisis kualitatif dan analisis kuantitattif. Analisis kualitatif yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Analisis kuantitatif yaitu pengelolaan data menggunakan statistika deskriptif berupa distribusi frekuensi dan penyajian data secara deskriptif. Keabsahan data menggunakan peningkatan ketekunan dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan program kelas alfamart meliputi (1) persiapan kerja sama, (2) penyusunan dan model kurikulum, (3) persyaratan guru pada kelas alfamart, (4) sistem pembelajaran, (5) pelaksanaan praktik kerja industri (prakerin), dan (6) pelaksanaan uji kompetensi kejuruan (UKK). Kontribusi program kelas alfamart dalam membentuk kesiapan kerja peserta didik terdiri dari empar aspek yaitu aspek keterampilan, aspek ilmu pengetahuan, aspek pemahaman, dan atribut kepribadian. Kontribusi program kelas alfamart dikategorikan baik, yakni dengan perolehan total skor rata-rata sebesar 4,18 (83,52%). Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang bisa diberikan adalah (1) pelaksanaan training for teacher (TFT) sebaiknya dilakukan secara bertahap dan berkelanjutan dalam kurun waktu yang lebih lama, (2) guru untuk lebih memperhatikan mengenai etika kerja khususnya kesopanan dan kedisplinan peserta didik, dan (3) guru lebih menekankan materi mengenai pengendalian persediaan dan pengendalian gross margin, karena pemahaman peserta didik mengenai materi tersebut masih kurang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/78453

Actions (login required)

View Item View Item