Pengembangan e-module berbasis digital flipbook pada mata pelajaran komunikasi bisnis (studi pada siswa kelas X Pemasaran SMK Islam Batu / Yulian Muzakki - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan e-module berbasis digital flipbook pada mata pelajaran komunikasi bisnis (studi pada siswa kelas X Pemasaran SMK Islam Batu / Yulian Muzakki

Muzakki, Yulian (2019) Pengembangan e-module berbasis digital flipbook pada mata pelajaran komunikasi bisnis (studi pada siswa kelas X Pemasaran SMK Islam Batu / Yulian Muzakki. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Muzakki Yulian. 2018. Pengembangan E-Module Berbasis Digital Flipbook Pada Mata Pelajaran Komunikasi Bisnis (Studi Kelas X Pemasaran SMK Islam Batu Malang). Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. Mohammad Hari M.Si. Kata Kunci E-modul Flipbook dan Mata Pelajaran Komunikasi Bisnis. Media pembelajaran e-modul berbasis flipbook ini merupakan sarana pembelajaran berupa buku digital yang bersifat interaktif dalam penggunaanya selama kegiatan belajar mengajar. Metode penelitian ini adalah research and deleopment (R D). Tujuan penelitian ini antara lain (a) Untuk menghasilkan produk berupa e-module atau modul elektronik berbasis flipbook pada mata pelajaran komunikasi bisnis untuk siswa kelas X pemasaran di SMK Islam Batu semester genap. (b) Mengetahui kelayakan dari e-module Komunikasi Bisnis berbasis Flipbook materi semester genap untuk siswa kelas X Pemasaran SMK Islam Batu (c) Untuk mengetahui respon siswa dalam penggunaan e-module pada Mata Pelajaran Komunikasi Bisnis kelas X di SMK Islam Batu. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan Borg and Gall dalam buku sugiono yang terdiri dari 9 tahap pengembangan yaitu (1) potensi dan masalah (2) pengumpulan data (3) desain produk (4) validasi desain (5) revisi desain (6) uji coba produk (7) revisi produk (8) uji pemakai (9) produk akhir. Validasi media dilakukan oleh ahli materi dan ahli media. Penelitian dilakukan pada siswa kelas X Pemasaran SMK Islam Batu. Hasil validasi media mencapai 97 5% dengan kategori sangat valid dan hasil validasi ahli materi mencapai 97 5% dengan kategori sangat valid. Uji coba produk dilakukan menjadi 2 tahap yaitu uji coba kelompok terdiri 6 siswa dan uji coba masal terdiri 40 siswa X Pemasaran SMK Islam Batu. Hasil uji coba kelompok kecil mencapai 83 5% dan uji coba masal mencapai 85 5% dengan rata-rata siswa mengatakan belajar menggunakan media pembelajaran e-modul berbasis flipbook sangat menarik menyenangkan dan materi mudah dipahami.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/78449

Actions (login required)

View Item View Item