Analisis pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) pada aspek pemanfaatan sarana dan prasarana penunjang literasi dan aspek penerapan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) pada tahap pembiasaan (studi pada kelas X Jurusan Animasi SMK Negeri 3 Batu) / Ardiek Novan Fratikto - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) pada aspek pemanfaatan sarana dan prasarana penunjang literasi dan aspek penerapan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) pada tahap pembiasaan (studi pada kelas X Jurusan Animasi SMK Negeri 3 Batu) / Ardiek Novan Fratikto

Fratikto, Ardiek Novan (2019) Analisis pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) pada aspek pemanfaatan sarana dan prasarana penunjang literasi dan aspek penerapan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) pada tahap pembiasaan (studi pada kelas X Jurusan Animasi SMK Negeri 3 Batu) / Ardiek Novan Fratikto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Fratikto Ardiek Novan.2018. Analisis Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) pada Aspek Pemanfaatan Sarana dan Prasarana Penunjang Literasi dan Aspek Penerapan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) pada Tahap Pembiasaan (Studi pada Kelas X Jurusan Animasi SMK Negeri 3 Batu) Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. H. Sutrisno M.M Kata Kunci Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Sarana dan Prasarana Penerapan. Gerakan Literasi Sekolah (GLS) merupakan suatu kegiatan yang dilakukan untuk meningkatkan kompetensi cara berpikir pada peserta didik. Hal tersebut sebagai upaya untuk merespon perkembangan informasi di era teknologi. Selain itu melalui Gerakan Literasi Sekolah (GLS) juga menjadi bagian dari perubahan pola pembelajaran terutama pada kurikulum 2013. Keberhasilan implementasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS) dapat terwujud jika ditunjang melalui ketersediaan sarana dan prasarana pendukung. Selain sarana dan prasarana pendukung komitmen dan keseriusan pelaksana Gerakan Literasi Sekolah (GLS) khususnya pendidik juga menjadi salah satu faktor juga. SMK Negeri 3 Batu salah satu sekolah yang sudah menerapkan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) juga diharapkan mampu melaksanakan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) dengan optimalisasi sarana dan prasarana sekolah yang ada dan komitmen warga sekolahnya. Penelitian yang dilakukan ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan teknik wawancara observasi dan dokumentasi. Sumber data pada penelitian ini yaitu data primer yang mencakup informan tempat dan peristiwa yang terjadi didalam sekolah sedangkan data sekunder mencakup dokumen-dokumen yang dibutuhkan terkait masalah yang diangkat. Dalam menjaga keabsahan data yang didapat peneliti menggunakan teknik Triangulasi data. Kegiatan analisis data dimulai dari reduksi data penyajian data mengelola data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini yaitu (1) SMK Negeri 3 Batu telah memaksimalkan peran perpustakaan sekolah sebagai pusat Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Tim Literasi Sekolah (TLS) di SMK Negeri 3 Batu juga sudah dibentuk dan menjalankan fungsinya sebagai perencana pengawas dan evaluator Gerakan Literasi Sekolah (GLS) SMK Negeri 3 Batu belum memiliki sarana dan prasarana penunjang Gerakan Literasi Sekolah (GLS) seperti area baca ruang pojok baca di setiap kelas dan ketersediaan sumber bacaan di setiap kelas (2) Teknis pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di SMK Negeri 3 Batu sudah memenuhi aturan yang pada tahap pembiasaan akan tetapi untuk waktu pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) masih belum sesuai dengan aturan yang ditetapkan oleh Kemendikbud. Berdasarkan temuan penelitian diatas saran dari peneliti yaitu (1) Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di SMK Negeri 3 Batu sebaiknya juga menggunakan fasilitas internet sekolah yang sudah ada untuk melaksanakan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) berbasis digital (2) Setiap pendidik sebaiknya melaksanakan ii pembelajaran reguler berbasis literasi sehingga aktivitas literasi tidak hanya dilakukan ketika terdapat jadwal melakukan literasi di sore hari.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: library UM
Date Deposited: 24 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/78448

Actions (login required)

View Item View Item