Pengembangan tesaurus termediasikan augmented reality text untuk peningkatan pemahaman bacaan modul teknologi jaringan / AH. Zainil Ibad

Ibad, AH. Zainil (2018) Pengembangan tesaurus termediasikan augmented reality text untuk peningkatan pemahaman bacaan modul teknologi jaringan / AH. Zainil Ibad. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Zainil ibad, Ah. 2018. Pengembangan Pengembangan tesaurus termediasikan augmented reality text untuk meningkatkan pemahaman bacaan modul teknologi jaringan. Skripsi, Jurusan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Yerry Soeprianto, S.T., M.T. (II) Arafah Husna, S.pd, M.Med.Kom. Kata kunci: Tesaurus, Augmented reality, Modul bahan ajar. Belajar merupakan proses pemahaman terhadap suatu informasi, dalam pembelajaran sering dituntut untuk memahami kata-kata atau pengertian dengan cepat, maka dari itu pembelajaran harus bersifat inovatif dan didukung oleh media pembelajaran yang dapat membantu pemahaman dan kinerja pebelajar. oleh karena itu tujuan dari penulisan ini untuk meningkatkan kinerja pemahaman baca pebelajar dengan cepat menggunakan produk tesaurus. Tesaurus merupakan sebuah kumpulan dari persamaan kata atau sinonim yang akan memberikan alternatif kata guna memudahkan pebelajar dalam memahami bacaan, namun untuk mencari sebuah makna kata dalam tesaurus pebelajar memerlukan waktu yang lama untuk sekedar mencarinya, oleh karena itu diperlukan sebuah teknologi yang dapat mempercepat proses tersebut, yakni dengan menggunakan teknologi augmented reality. Augmented reality merupakan sebuah penggabungan antara dunia nyata dengan dunia virtual dalam satu waktu itu juga, karena itu teknologi augmented reality dalam tesaurus dirasa mampu membantu dalam pemahaman baca yang mana ketika pebelajar memiliki kesulitan dalam memahami kata-kata atau istilah dalam modul pebelajar tinggal scan kata-kata tersebut dengan smartphone kemudian akan muncul sinonim dari kata-kata atau istilah tersebut yang akan memudahkan pebelajar memahami makna bacaan di waktu itu juga dengan cepat (just in time learning). Pengembangan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menghasilkan suplemen pembelajaran pada modul berupa video berteknologi augmented reality yang valid dan efektif untuk kegiatan pembelajaran pada matakuliah Teknologi Jaringan di Jurusan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pengembangan ini menggunakan metode pengembangan Lee & Owen (2004) untuk mengembangkan tesaurus termediasi Augmented Reality text. Adapun langkah-langkah tersebut meliputi; (1) Multimedia Needs Assessment and Analys, (2) Multimedia Instructional Design (3) Multimedia Development (4) Multimedia Implementation (5) Multimedia Evaluation Aplikasi tesaurus termediasikan augmented reality text untuk meningkatkan pemahaman baca modul TKJ ini dinyatakan valid digunakan untuk pembelajaran mandiri. Hal ini ditunjukkan dengan hasil perhitungan data 1 orang ahli media 93,75%, 1 orang ahli materi 78,75%, 1 orang uji coba perseorangan 95 % , 5 orang uji coba kelompok kecil 83 %, dan 20 orang uji coba lapangan 80.125%. uji coba pemahaman bacaan menggunakan tesaurus termediasikan augmented reality text di modul teknologi jaringan dengan 25 mahasiswa, 22 ii mahasiswa mengalami peningkatan pemahaman baca dan hanya 3 yang masih belum meningkat setelah menggunakan tesaurus termediasikan augmented reality text dengan presentase sebesar 88% , dengan kenaikan (Giant) sebesar 12%. maka media tersebut termasuk kualifikasi Efektif sehingga dapat memberikan efek yang positif terhadap peningkatan pemahaman bacaan mahasiswa terhadap modul teknologi jaringan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Sep 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/784

Actions (login required)

View Item View Item