Penerapan model pembelajaranproblem based learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran melakukan pemasaran barang dan jasa (studi pada siswa kelas XI di SMK Islam Batu) / Adhy Wicaksono

Wicaksono, Adhy (2020) Penerapan model pembelajaranproblem based learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran melakukan pemasaran barang dan jasa (studi pada siswa kelas XI di SMK Islam Batu) / Adhy Wicaksono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wicaksono, Adhy. 2016, Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Melakukan Pemasaran Barang Dan Jasa ( Studi Pada Siswa Kelas XI Di Smk Islam Batu). Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Mohammad Hari, M.Si (II) Handri Dian Wahyudi, S.Pd., S.E., M.Sc Kata kunci: Problem Based Learning dan Hasil belajar Kurangnya penanaman berpikir kritis dan kreatif dari guru pengajar kepada siswa dikarenakan berbagai faktor, salah satunya adalah di mana model pembelajaran yang diajarkan oleh guru kepada siswa masih menggunakan cara yang bersifat konvesional, tanpa ada pengembangan atau penerapan model pembelajaran yang dapat di implementasikan terhadap mata pelajaran tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Penerapan model PBL pada kompetensi dasar Menerapkan prinsip-prinsip Bauran Pemasaran pada siswa kelas XI di SMK Islam Batu (2) hasil belajar siswa kelas XI di SMK Islam Batu setelah di terapkan model pembelajaran PBL pada kompetensi dasar Menerapkan prinsip-prinsip Bauran Pemasaran. Penelitian yang dilakukan oleh penulis ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau dapat di sebut juga Classroom Action Research yaitu menggunakan model pembelajaran PBL yang merupakan kolaborasi penelitian antara peneliti dengan guru pembelajaran mata pelajarana pemasaran barang dan jasa di kelas.Variabel bebas dalam penelitian ini adalah Model pembelajaran PBL dengan variabel terikat hasil belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI jurusan Pemasaran di SMK ISLAM BATU yang berjumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, dokumentasi, dan tes. Penelitian ini berlangsung sebanyak dua siklus, siklus pertama dilaksanakan pada tanggal 2-3 Mei dan siklus kedua dilaksanakan pada tanggal 9-10 Mei. Metode observasi untuk mengetahui peristiwa, kejadian dan perilaku guru atau siswa pada kegiatan pembelajaran berlangsung. dokumentasi digunakan untuk melengkapi administrasi pembelajara berupa RPP dan silabus, dan nilai rapor semester gasal tahun ajaran 2015/2016. Tes untuk mengetahui tingkat pemahaman dan penguasaan siswa terhadap materi pembelajaran. Dari analisis hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran PBL bahwa terjadi kenaikan hasil belajar siswa dari sebelum tindakan dengan sesudah tindakan. Kenaikan rata-rata hasil belajar siswa dari sebelum tindakan sampai siklus I yaitu dari 71 menjadi 76 sebesar 5 dengan presentase sebesar 7% , sedangkan kenaikan rata-rata hasil belajar siswa dari siklus I sampai siklus II yaitu dari 76 menjadi 83 sebesar 7 dengan presentase sebesar 9%. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyarankan: (1) Bagi Guru disarankan dengan menerapkan pembelajaran model PBL disesuaikan dengan materi pembelajaran yang membutuhkan waktu cukup memadai, karena siswa membutuhkan waktu yang cukup lama dalam diskusi kelompok dan saat waktu presentasi hasil diskusi kelompok di depan kelas. (2) Bagi Kepala SMK Islam Batu agar selalu melakukan inovasi pembelajaran dengan menggunakan model yang sesuai dengan mata pelajaran yang diajarkan, karena dengan menggunakan model pembelajaran selain pembelajaran konvesional terbukti prestasi belajar siswa meningkat. (3) Hendaknya dapat melakukan kegiatan penelitian lebih lanjut untuk mengembangkan dan menerapkan model pembelajaran PBL bukan hanya pada mata pelajaran Pemasaran Barang dan Jasa, tetapi pada mata pelajaran lain yang relevan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/78314

Actions (login required)

View Item View Item