Pengembangan media video tutorial pembuatan tes menggunakan wondershare quiz creator di SMPN 15 Malang / Fafa Aditya

Aditya, Fafa (2018) Pengembangan media video tutorial pembuatan tes menggunakan wondershare quiz creator di SMPN 15 Malang / Fafa Aditya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v ABSTRAK Aditya, Fafa. 2015. Pengembangan Media Video Tutorial Pembuatan Tes Menggunakan Wondershare Quiz Creator di SMPN 15 Malang. Skripsi, Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang, Pembimbing: (I) Dr. Sulthon, M.Pd .(II) Dra. Susilawati M.Pd Kata Kunci : Pengembangan, Multimedia Video Tutorial, Tes Menggunakan Wondershare Quiz Creator. Untuk dapat mengetahui tujuan pembelajaran tercapai atau tidak perlu diadakan evaluasi pendidikan. Secara garis besar evaluasi dibedakan menjadi dua bentuk, dalam bentuk tes dan non tes. Tipe tes biasanya dilaksanakan dalam bentuk tertulis, yang di dalam prosesnya terdapat banyak kekurangan. Misalnya tingginya angka mencontek, umpan balik yang cukup lama,dan menimbulkan kejenuhan pada siswa karena tampilanya yang terkesan monoton. Hal ini pun terjadi di SMPN 15 Malang. Oleh karena itu penulis menyarankan kepada guru untuk membuat tes berbasis Wondershare Quiz Creator. Namun guru guru tidak mengetahui bagaimana menggunakan software tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan sebuah produk multimedia tutorial pembuatan tes berbasis wondershare quiz creator bagi guru SMPN 15 Malang yang mampu menjelaskan penggunaan software tersebut. Penelitian ini dilakukan dengan cara memberikan media video tutorial pembuatan tes berbasis komputer dalam bentuk compact disc (CD) kepada guru, yang kemudian dipelajari sendiri melalui komputer atau laptop. Diharapkan setelah mempelajari media ini guru dapat membuat tes pembelajaran dengan mudah dan menarik bagi siswa. Penelitian ini menggunakan model Arief S. Sadiman tahun 2010. Pengembangan media meliputi beberapa langkah, yaitu: (1) menganalisis kebutuhan dan karakteristik, (2) merumuskan tujuan instruksional, (3) merumuskan materi secara terperinci, (4) mengembangkan alat pengukur keberhasilan, (5) menulis naskah media, (7) produksi, (6) mengadakan tes (8) dan revisi. Subyek penelitian ini adalah guru SMPN 15 Malang berjumlah 5 orang diantaranya guru pendidikan jasmanai dan kesehatan, guru matematika, guru bahasa jawa, guru kewarganegaraan dan guru bahasa Indonesia. Pengembangan Media Video Tutorial ini divalidasi oleh ahli satu orang materi dan satu orang ahli media selaku dosen jurusan teknologi pendidikan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media video tutorial pembuatan tes berbasis komputer dinyatakan valid/layak digunakan oleh guru dalam mempelajari proses pembuatan tes berbasis komputer. Aspek-aspek yang meliputi isi dari angket ialah kesesuaian materi, tingkat efektifitas media, kemudahan dalam penggunaan media. Hal ini ditunjukkan dengan hasil perhitungan angket ahli materi 90%, ahli media 100%, dan juga guru 88% yang dilakukan pada 5 guru dengan kemampuan dasar bisa mengoperasikan komputer dan menjalankan sistem operasi windows.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/783

Actions (login required)

View Item View Item