Penerapan pendidikan karakter melalui pembiasaan di SDN Datinawong Kabupaten Lamongan / Lailatus Shoimah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pendidikan karakter melalui pembiasaan di SDN Datinawong Kabupaten Lamongan / Lailatus Shoimah

Shoimah, Lailatus (2018) Penerapan pendidikan karakter melalui pembiasaan di SDN Datinawong Kabupaten Lamongan / Lailatus Shoimah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Shoimah Lailatus. 2018. Penerapan Pendidikan Karakter Melalui Pembiasaan di SDN Datinawong Kabupaten Lamongan. Skripsi Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sulthoni M.Pd. (II) Yerry Soepriyanto S. T. M.T. Kata kunci penerapan pendidikan karakter pembiasaan SDN Datinawong. Sekolah sebagai tempat berlangsungnya pelaksanaan pembelajaran sering kita jumpai perkelahian antar siswa prilaku siswa membolos mencontek saat ujian tidak masuk sekolah tidak mendengarkan dan tidak memperhatikan guru saat pelajaran. Kejadian-kejadian tersebut merupakan salah satu indikator menurunnya nilai-nilai karakter yang ada pada diri anak bangsa. Oleh karena itu harus ada usaha dalam menangani bahkan mencegah kejadian-kejadian tersebut agar tidak menjadi budaya anak. Usaha yang dapat dilakukan untuk menanaman pendidikan karakter yaitu melalui pembiasaan di sekolah . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pendidikan karakter melalui pembiasaan yang diwujudkan dalam kegiatan rutin kegiatan insidental dan kegiatan terprogram dengan fokus pada karakter yang tampak dari kegiatan pembiasaan yang dilakukan serta kendala yang dihadapi dalam penerapan pendidikan karakter melalui pembiasaan di SDN Datinawong. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan datanya dengan wawancara observasi dan dokumentasi. Untuk mengecek keabsahan datanya dengan menggunakan triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti dapat diperoleh kesimpulan yaitu pembiasaan melalui kegiatan rutin insidental dan terprogram dapat mewujudkan nilai karakter siswa yang religius disiplin cinta tanah air peduli lingkungan dan peduli sosial. Sedangkan kendala yang dihadapi dalam penerapan pendidikan karakter melalui pembiasaan adalahkurangnya kesadaran siswa dalam melaksanakan hal-hal yang baik serta perilaku buruk yang ada di lingkungan sekitar terbawa ke sekolah. Saran yang dapat diberikan berdasarkan untuk mengembangkan pendidikan karakter agar lebih baik lagi adalah proses pembiasaan yang telah berjalan senantiasa ditingkatkan dan perlu diadakan evaluasi agar hasil yang diperoleh juga akan meningkat. Selanjutnya pihak sekolah selalu melakukan komunikasi dan bekerjasama terhadap orang tua atau wali siswa agar tidak terjadi pertentangan antara kebiasaan yang ditanamkan di rumah dan di sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 30 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/780

Actions (login required)

View Item View Item