Studi keanekaragaman spesies burung bawah tajuk di Taman Hutan Raya Raden Soerjo Provinsi Jawa Timur / Erma Miftakhul Janah

Janah, Erma Miftakhul (2020) Studi keanekaragaman spesies burung bawah tajuk di Taman Hutan Raya Raden Soerjo Provinsi Jawa Timur / Erma Miftakhul Janah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Janah, Erma Miftakhul. 2018. Studi Keanekaragaman Spesies Burung Bawah Tajuk di Taman Hutan Raya Raden Soerjo Provinsi Jawa Timur. Skripsi. Jurusan Biologi. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Sofia Ery Rahayu, S.Pd, M.Si., (II) Agung Witjoro, S.Pd, M.Kes. Kata Kunci: keanekaragaman, burung bawah tajuk, Tahura R. Soerjo Burung merupakan satwa liar yang bisa ditemukan di berbagai tipe ekosistem. Tingkat penyebaran yang merata menjadikan burung sebagai sumber kekayaan hayati yang berperan dalam ekosistem dan peka terhadap perubahan lingkungan. Kebutuhan pakan mempengaruhi pola penyebaran vertikal burung. Burung bawah tajuk memiliki kecenderungan beraktivitas dibawah tajuk pohon, seperti aktivitas membangun sarang, mencari makan, bertelur dll. Kelompok burung bawah tajuk didominasi oleh kelompok burung pemakan serangga (insektivora) dan pemakan buah (frugivora). Oleh karena itu burung kelompok ini secara umum memiliki peran sebagai penyerbuk dan pemencar biji. Penurunan keanekaragaman jenis burung bawah tajuk diakibatkan oleh kebakaran hutan dan pembalakan liar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keanekaragaman, kelimpahan, dan status tiap spesies burung di Tahura R. Soerjo.  Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif eksploratif. Metode pengambilan data menggunakan metode point count method. Penelitian dilaksanakan pada bulan Maret-April 2018. Keanekaragaman burung ditentukan dengan indeks keanekaragaman Shannon-Wiener. Keragaman spesies burung ditentukan dengan menghitung nilai Indeks Kelimpahan Relatif (IKR). Status spesies burung ditentukan berdasarkan pada Peraturan Pemerintah PP no.7 Tahun 1999 dan IUCN. Hasil penelitian ditemukan 30 spesies burung dari 11 famili. Nilai IKR  tertinggi ditemukan pada spesies Tepus Pipi Perak yaitu 11.0%. indeks nilai keanekaragaman pada pengamatan pagi dan sore menunjukkan nilai 3,00 dan 2,79, nilai kemerataan pada pengamatan pagi dan sore adalah 0,92 dan 0,95. Kekayaan jenis burung pada pengamatan pagi dan sore hari menujukkan nilai 0,18 dan 0,28. Spesies yang dilindungi oleh PP Nomor 7 Tahun 1999 sebanyak 6 spesies, yaitu Ceret Gunung, Burung Madu Gunung, Cekakak Sungai, Cekakak Jawa, Opior Jawa, dan Paok Pancawarna. Berdasarkan IUCN, burung Cucak Gunung memiliki status hampir terancam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/77809

Actions (login required)

View Item View Item