Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing dipadu mind mapping terhadap keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar biologi siswa SMA Negeri 9 Malang / Mery Susanti

Susanti, Mery (2020) Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing dipadu mind mapping terhadap keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar biologi siswa SMA Negeri 9 Malang / Mery Susanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Susanti, M. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dipadu Mind Mapping terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Biologi Siswa SMA Negeri 9 Malang. Skripsi, Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Herawati Susilo, M.Sc, Ph.D, (II) Dr. Betty Lukiati, M.S. Kata Kunci: hasil belajar biologi, inkuiri terbimbing, keterampilan berpikir kritis, mind mapping. Keterampilan berpikir kritis merupakan salah satu keterampilan yang harus dimiliki oleh sumber daya manusia pada abad 21, namun kenyataannya keterampilan berpikir kritis di SMA Negeri 9 Malang belum diberdayakan secara maksimal. Hal tersebut karena kegiatan pembelajaran yang diterapkan belum memfasilitasi siswa untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis. Penilaian terhadap hasil belajar siswa belum terencana untuk memberdayakan keterampilan berpikir kritis dan belum mengakomodasi penilaian hasil belajar afektif dan psikomotorik. Penerapan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing dipadu mind mapping diperkirakan dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar biologi siswa pada kelas yang menerapkan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing dipadu mind mapping dengan kelas yang menerapkan Inkuiri Terbimbing dan pembelajaran konvensional. Rancangan penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan Pretest-Posttest Non-equivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X SMA Negeri 9 Malang sedangkan sampelnya adalah siswa kelas X IPA 3, X IPA 5, dan X IPA 6 tahun ajaran 2018/2019. Pengumpul-an data dilakukan dengan menggunakan pretest dan posttest untuk mengukur keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif, penilaian mind map, observasi terhadap penilaian hasil belajar afektif dan psikomotorik siswa. Data keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa diuji dengan menggunakan uji Anakova. Data hasil belajar afektif dan psikomotorik siswa diuji dengan menggunakan uji Anava. Jika ketika uji tersebut menunjukkan adanya pengaruh maka dilakukan dengan uji lanjut BNT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan nilai dari penerapan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing dipadu mind mapping terhadap ke-terampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif, afektif, dan psikomotorik biologi siswa. Kesimpulan yang dapat diambil adalah penerapan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing dipadu mind mapping menyebabkan nilai keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar biologi siswa yang lebih tinggi daripada model pembelajaran Inkuiri Terbimbing dan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/77808

Actions (login required)

View Item View Item