Pengembangan UKBM berbasis e-pub pada materi sistem pencernaan manusia untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas XI SMAN 5 Malang / Novela Memiasih

Memiasih, Novela (2020) Pengembangan UKBM berbasis e-pub pada materi sistem pencernaan manusia untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas XI SMAN 5 Malang / Novela Memiasih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Memiasih, N. 2019. Pengembangan UKBM Berbasis E-Pub pada Materi Sistem Pencernaan Manusia untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas XI SMAN 5 Malang. Skripsi. Jurusan Biologi. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Murni Sapta Sari, M.Si., (2) Drs. H. Triastono Imam Prasetyo, M.Pd. Kata Kunci: pengembangan UKBM, e-Pub, sistem pencernaan manusia, berpikir kritis, hasil belajar kognitif Pada era globalisasi ini informasi sangat mudah diperoleh oleh sebab itu keterampilan berpikir kritis penting untuk dimiliki siswa karena dapat melatih siswa untuk dapat menyaring informasi yang diperoleh untuk menyelesaikan suatu permasalahan. Penyiapan sumber daya manusia yang menguasai keterampilan abad ke-21 dapat efektif jika ditempuh melalui jalur pendidikan. SMAN 5 Malang merupakan salah satu instansi yang memiliki fasilitas teknologi yang baik sehingga dapat digunakan untuk proses pembelajaran materi sistem pencernaan manusia. Guru SMAN 5 Malang belum memanfaatkan teknologi untuk membuat UKBM. Penelitian ini mengembangakan UKBM dalam format pdf atau word menjadi format e-Pub sehingga memudahkan siswa dalam belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa. Jenis penelitian ini adalah pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 5 Malang dengan sampel penelitian adalah siswa kelas XI MIA C3. Data penelitian berupa hasil validasi ahli media, ahli materi, ahli asesmen, praktisi lapangan, respon siswa, hasil pre test dan post test siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa presentase rata-rata dari penilaian validator ahli media, ahli materi, ahli asesmen, praktisi lapangan berturut-turut adalah 96.74%, 100%, 100%, dan 94.23% yang semuanya berada pada kategori sangat valid. Nilai uji kepraktisan adalah 92.53% yang berarti sangat praktis, nilai uji keefektifan adalah 0.8 yang berarti bahwa sangat efektif, hasil keterampilan berpikir kritis siswa 82.16 yang berarti tergolong sangat kritis, dan hasil belajar siswa 93.42 yang berarti tergolong tinggi. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa pengembangan UKBM berbasis e-Pub dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa. Saran yang dapat diberikan oleh peneliti ialah penggunaan UKBM berbasis e-Pub sangat bermanfaat dalam proses pembelajaran materi sistem pencernaan manusia sehingga diharapkan dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar lainnya dan dapat diterapkan di sekolah lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Feb 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/77807

Actions (login required)

View Item View Item