Pengaruh model pembelajaran Reading Concept Map-Cooperative Integrated Reading and Composition (REMAP-CIRC) terhadap keterampilan komunikasi dan hasil belajar kognitif siswa kelas XI MIA MA Bilingual Batu / Ulfatur Rohmah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran Reading Concept Map-Cooperative Integrated Reading and Composition (REMAP-CIRC) terhadap keterampilan komunikasi dan hasil belajar kognitif siswa kelas XI MIA MA Bilingual Batu / Ulfatur Rohmah

Rohmah, Ulfatur (2019) Pengaruh model pembelajaran Reading Concept Map-Cooperative Integrated Reading and Composition (REMAP-CIRC) terhadap keterampilan komunikasi dan hasil belajar kognitif siswa kelas XI MIA MA Bilingual Batu / Ulfatur Rohmah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Rohmah U. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Reading Concept Map -Cooperative Integrated Reading and Composition terhadap Keterampilan Komunikasi dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas XI MIA MA Bilingual Batu. Skripsi Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Susriyati Mahanal M. Pd. (2) Dr. Umie Lestari M.Si. Kata Kunci Pembelajaran Reading Concept Map-Cooperative Integrated Reading and Composition keterampilan komunikasi hasil belajar kognitif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan keterampilan komunikasi antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Remap-CIRC dan siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran CIRC di MA Bilingual Batu (2) perbedaan hasil belajar kognitif antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Remap-CIRC dan siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran CIRC di MA Bilingual Batu. Berdasarkan hasil observasi pembelajaran di MA Bilingual Batu diketahui bahwa keterampilan komunikasi siswa kelas XI masih rendah dari total 33 siswa hanya 18% atau 6 siswa yang mampu mengajukan pertanyaan 15% atau 5 siswa yang mampu menjawab dengan tepat dan 11% atau 3 siswa yang mampu menjelaskan dengan tepat. Hasil belajar kognitif siswa menunjukkan persentase ketuntasan belajar kelas XI MIA 1 sebesar 41 94% dan rata-rata nilai sebesar 39 09 sedangkan ketuntasan belajar di kelas XI MIA 2 sebesar 42 42% dan rata-rata nilai sebesar 38 42. Hasil tersebut jauh dari nilai Kriteria Ketuntasan Minimum di MA Bilingual Batu yakni 75. Oleh karena itu diperlukan sebuah inovasi pembelajaran yang dapat memberdayakan keterampilan komunikasi dan meningkatkan hasil belajar kognitif siswa. Salah satunya dengan menerapkan model pembelajaran Reading Concept Map-Cooperative Integrated Reading and Composition yang memberi kesempatan kepada siswa untuk terlibat aktif dalam pembelajaran sehingga dapat memberdayakan keterampilan komunikasi dan hasil belajar kognitif siswa. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas XI MIA MA Bilingual Batu. Sampel penelitian terdiri dari 2 kelas yang diambil dengan menggunakan teknik total sampling yaitu kelas XI MIA 1 (kelas eksperimen) dan kelas XI MIA 2 (kelas kontrol). Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Analisis data keterampilan komunikasi dan hasil belajar kognitif menggunakan Analisis Kovarian (ANAKOVA). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) Ada perbedaan keterampilan komunikasi antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Remap-CIRC dan siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran CIRC di MA Bilingual Batu. Berdasarkan uji statistik hasil Fhitung sebesar 38 088 dengan nilai taraf signifikansi 0 000

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/77805

Actions (login required)

View Item View Item