Pengembangan multimedia interaktif mobile learning berbasis discovery based learning materi protista untuk melatih kemampuan literasi sains siswa kelas X SMA Laboratorium UM / Kona'ah Ajeng Widowati

Widowati, Kona'ah Ajeng (2020) Pengembangan multimedia interaktif mobile learning berbasis discovery based learning materi protista untuk melatih kemampuan literasi sains siswa kelas X SMA Laboratorium UM / Kona'ah Ajeng Widowati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Widowati, K.A. 2019. Pengembangan Multimedia Interaktif Mobile Learning berbasis Discovery based Learning untuk Melatih Kemampuan Literasi Sains Siswa Kelas X SMA Laboratorium UM. Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang: (I) Dr. Murni Sapta Sari, M.Si., (II) Dr. Sulisetijono, M.Si Kata Kunci: Penelitian Pengembangan, Multimedia Interaktif, Discovery based Learning, Kemampuan Literasi Sains, Protista Kemampuan literasi sains penting untuk dibelajarkan agar siswa memiliki kepekaan dalam menyelesaikan permasalahan global yang membutuhkan penyelesaian terkait dengan pemahaman sains dalam kehidupan sehari-hari. Berdasarkan hasil kuesioner kepada siswa SMA Laboratorium UM tahun ajaran 2018/2019 pada bulan Februari 2019, salah satu kompetensi dari literasi sains yaitu menjelaskan fenomena secara ilmiah siswa masih rendah karena sebanyak 61% siswa masih belum mampu menjelaskan fenomena di kehidupan sehari-hari secara ilmiah. Hal ini membuktikan bahwa secara umum kemampuan literasi sains siswa di Indonesia masih rendah dan perlu ditingkatkan. Tujuan dari penelitian pengembangan ini yaitu menyusun dan menghasilkan multimedia interaktif berbasis discovery based learning materi Protista untuk melatih kemampuan literasi sains siswa kelas X MIPA SMA Laboratorium UM yang teruji kevalidan, kepraktisan dan keefektifannya. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu model pengembangan ADDIE yang terdiri dari tahap Analyze, Design, Develop, Implement, dan Evaluation. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 65 siswa kelas X MIPA SMA Laboratorium UM tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini dimulai dari bulan September 2019 hingga Oktober 2019. Hasil dari penelitian ini yaitu persentase rata-rata dari penilaian validator media, materi dan praktisi lapangan berturut-turut adalah 97,5%, 100%, dan 89%. Persentase rata-rata hasil uji kepraktisan multimedia interaktif materi Protista adalah 92,5% yang memiliki kriteria sangat praktis dengan keterangan dapat digunakan dengan dikaji ulang. Berdasarkan rumus gain score hasilnya adalah 0,62 yang menunjukkan bahwa kriteria keefektifan multimedia sedang. Berdasarkan soal pretes-postes yang dikembangkan dan telah teruji kevalidan konstruknya oleh ahli asesmen, salah satu dari indikator kemampuan literasi sains yaitu menjelaskan fenomena secara ilmiah siswa termasuk kategori tinggi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Feb 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/77803

Actions (login required)

View Item View Item