Pengembangan multimedia interaktif mobile learning pada materi sistem gerak untuk melatih literasi sains siswa SMA Negeri 8 Malang / Nur Alimah

Alimah, Nur (2020) Pengembangan multimedia interaktif mobile learning pada materi sistem gerak untuk melatih literasi sains siswa SMA Negeri 8 Malang / Nur Alimah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Alimah, Nur. 2019. Pengembangan Multimedia Interaktif Mobile Learning pada Materi Sistem Gerak untuk Melatih Literasi Sains Siswa SMA Negeri 8 Malang. Skripsi, Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Murni Sapta Sari, M.Si., (2) Drs. Triastono Imam Prasetyo, M.Pd. Kata kunci: multimedia interaktif, mobile learning, literasi sains, sistem gerak, discovery learning Perkembangan pendidikan pada abad 21 menuntut siswa untuk menguasai berbagai macam kompetensi dan keterampilan, salah satunya ialah keterampilan literasi sains. Kondisi literasi sains di Indonesia masih memprihatinkan. Keadaan tersebut ditunjukkan dengan hasil observasi yang telah dilakukan oleh PISA pada*tahun*2015,*Indonesia*masih menempati posisi ke-62*dari*70 negara yang diteliti. Aspek penilaian literasi sains berdasarkan PISA (2015) terbagi menjadi 4, yaitu: konteks,*pengetahuan,*kompetensi,*dan*sikap. Pada aspek kompetensi literasi sains, siswa dituntut untuk mampu: menjelaskan kejadian secara saintifik, menginterpretasi data dan membuktikannya secara saintifik, serta mengevaluasi dan mendesain penyelidikan sains (OECD, 2018). Berdasarkan hasil wawancara kepada guru biologi dan siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 8 Malang menjelaskan bahwa literasi sains pada siswa tergolong masih rendah berdasarkan indikator literasi sains menurut PISA. Salah satu materi yang masih memiliki tingkat pemahaman rendah adalah materi sistem gerak. Usaha yang dapat dilakukan untuk meningkatkan keterampilan literasi siswa adalah pembalajaran dengan model inovatif dan pemanfaatan media yang menarik. Multimedia interaktif mobile learning merupakan salah satu alternatif media yang telah memanfaatkan kecanggihan teknologi dan terbukti dapat meningkatkan semangat dan motivasi belajar siswa (Farrah et al, 2018). Model pembelajaran inovatif yang menekankan pada pemahaman konsep yang diperoleh dari pengalaman belajar berupa eksplorasi dan eksperimen yang akan menghasilkan sebuah kesimpulan ialah discovery learning (Ott et al, 2018). Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model ADDIE yang dikemukakan oleh Branch (2009). Terdapat 5 tahapan yang harus dilakukan, yaitu: analyze (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluate (evaluasi). Subjek penelitian ini adalah kelas XI IPA-5 dengan jumlah 33 siswa. Aplikasi yang berperan dalam pengembangan multimedia ini yaitu Adobe Photoshop CS 2 Portable, FilmoraGo, serta AppInventor MITedu. Pada uji validasi terdapat 3 ahli yang berperan, yaitu ahli materi, media, dan asesmen. Pengguna media baik dari guru dan siswa terlibat dalam uji praktisi. Uji keefektifan media ini menggunakan analisis gain score dengan data yang diperoleh dari hasil pre test dan post test serta analisis keterampilan literasi siswa. Data yang diperoleh dari ketiga uji terebut berupa data kualitatif dan kuantitatif. Hasil uji validasi materi, media, dan asesmen secara berturut-turut yaitu 100%, 95%, dan 96%. Persentase tersebut menunjukkan bahwa materi dalam media telah sesuai dengan kebenaran konsep dan kedalamannya, media juga telah valid untuk digunakan tanpa melalui tahap revisi, serta asesmen yang digunakan dapat mengukur tingkat literasi sains siswa. Hasil uji kepraktisan oleh guru sebesar 77%, sedangkan oleh siswa sebesar 82%. Persentase tersebut menunjukkan bahwa pengguna mengganggap media ini cukup praktis dan mudah digunakan. Hasil uji keefektifan memperoleh gain score sebesar 0,7, yang menunjukkan bahwa media ini cukup efektif cenderung tinggi digunakan untuk meningkatkan keterampilan literasi sains siswa. Hasil penelitian ini sesuai dengan penelitian yang dilakukan oleh Latip & Permanasari (2015) menunjukkan bahwa multimedia dapat meningkatkan keterampilan literasi sains siswa sebesar 65.64%. Hal tersebut dikarenakan multimedia interaktif terutama mobile learning dapat memacu semangat dan motivasi siswa, membuat suasana pembelajaran menjadi lebih interaktif, dapat*meningkatkan*kemampuan*kolaboratif,*dan membuat pembelajaran lebih fleksibel serta mengasyikkan (Ligi & Raja, 2017).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/77802

Actions (login required)

View Item View Item