Pengembangan media monopoli biologi materi sistem indera melalui model TGT untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas XI IPA di MAN Kota Batu / Hana Arifiana

Arifiana, Hana (2020) Pengembangan media monopoli biologi materi sistem indera melalui model TGT untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas XI IPA di MAN Kota Batu / Hana Arifiana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Arifiana, Hana. 2019. Pengembangan Media Monopoli Biologi Materi Sistem Indera Melalui Model TGT untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA di MAN Kota Batu. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi, Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Hj. Sri Endah Indriwati, M.Pd, (II) Dr. Sri Rahayu Lestari, M.Si. Kata kunci: Media Monopoli Biologi, Motivasi, Hasil Belajar Motivasi dapat mempengaruhi siswa dalam belajar. Media sebagai alat pembelajaran dapat digunakan untuk meningkatkan motivasi belajar. Rendahnya motivasi siswa kelas XI IPA 2 di MAN Kota Batu dalam belajar biologi dikarenakan kurang bervariasinya media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk 1) menghasilkan media monopoli biologi materi sistem indera pada kelas XI IPA MAN Kota Batu, 2) mengetahui validitas, kepraktisan dan keefektifan media monopoli biologi pada sistem indera siswa kelas XI IPA di MAN Kota Batu. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model RnD (Research and Development) modifikasi dari Borg and Gall. Terdapat 8 tahapan tersebut diantaranya 1) analisis kebutuhan, 2) rancangan produk, 3) pengembangan produk awal, 4) validasi produk, 5) revisi produk awal, 6) uji coba, 7) revisi produk akhir, 8) produk akhir berupa media monopoli biologi materi sistem indera siswa kelas XI IPA di MAN Kota Batu. Seperangkat media monopoli biologi terdiri dari papan monopoli, seperangkat kartu (kartu soal, kartu jawaban, kartu aset, kartu informasi, kartu bonus, kartu tantangan, kartu dana umum, kartu kesempatan, kartu poin), dadu, pion/bidak dan rumah-rumahan. Rerata validitas media sebesar 96,25%, dengan kriteria sangat valid. Rerata validitas materi sebesar 100%, dengan kriteria sangat valid. Rerata validitas oleh praktisi lapangan sebesar 91,75%. Uji kepraktisan menghasilkan rerata 90% dengan kriteria sangat praktis. Uji keefektifan menggunakan gain score menghasilkan rerata 0,5 dengan kriteria efektifitas sedang. Rerata ketuntasan belajar klasikal sebesar 86% dengan kriteria tuntas. Rerata motivasi ARCS sebelum penggunaan media monopoli biologi sebesar 62% dengan kriteria cukup baik (C).Rerata motivasi ARCS setelah penggunaan media monopoli biologi sebesar 67% dengan kriteria cukup baik (C). Berdasarkan uji kevalidan, uji kepraktisan dan uji keefektifan media monopoli biologi layak digunakan sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar materi sistem indera siswa kelas XI IPA MAN Kota Batu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/77800

Actions (login required)

View Item View Item